Turnamen eSports Paling Populer Sepanjang 2020

turnamen esports terpopuler 2020
Damwon Gaming Saat Meraih Juara di LOL Worlds 2020

Telset.id, Jakarta – Karena pandemi Covid 19, banyak turnamen eSports yang terpaksa digelar secara online. Tahukah Anda, turnamen eSports apa yang paling populer dan paling banyak ditonton sepanjang tahun 2020?

Firma analisis aplikasi, Esports Charts telah merilis daftar turnamen eSports yang dianggap paling populer dan paling banyak di tonton di tahun 2020.

Peringkat ini dibuat dari durasi berapa jam turnamen eSports tersebut disaksikan. Berikut turnamen-turnamen eSports yang mendapat perhatian paling banyak sepanjang tahun 2020.

Turnamen eSports Paling Populer 2020

turnamen esports populer 2020
turnamen esports paling populer 2020 berdasarkan jam penayangan

League of Legends (LoL) adalah game paling populer secara global, jika dilihat dari total jam penayangannya di sepanjang turnamen.

Karena 4 turnamen dari game ini mampu menyedot antusias banyak penonton. Mulai dari The Worlds 2020, LCK Spring (Korea), LCK Summer (Korea) dan LEC Summer (Eropa) masing masing ditonton 139,86 juta, 65,91 juta dan 41,06 juta jam.

{Baca Juga: Kota Ini jadi Tempat Terbaik untuk Main Game Online di Indonesia, Bisa Tebak?}

Disusul kemudian dengan PUBG Mobile World League Est, yang merupakan turnamen game mobile pertama dan satu-satunya yang masuk dalam daftar. Turnamen ini ditonton sebanyak 37,33 juta jam.

Turnamen eSports terpopuler 2020 berdasarkan peak viewers

Jika dilihat dari jumlah peak viewers, atau jumlah penonton terbanyak dalam sebuah tayangan atau pertandingan, turnamen LOL Worlds menempati urutan teratas.

Pertandingan final antara Damwon Gaming dan Suning ditonton secara bersamaan oleh 3,88 juta penonton di seluruh dunia.

Free Fire mampu mendominasi mobile eSports di tahun 2020. Di daftar peak viewers, diisi oleh turnamen Free Fire Continental Series Asia dan Amerika dengan masing-masing peak viewers sebanyak 2,5 juta dan 1,7 juta.

{Baca Juga: Keren! Atari Buka Hotel Bertema Video Game}

Disusul kemudian dengan turnamen Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia season 6 yang berada di posisi keempat dengan raihan 1,3 juta penonton.

Free Fire kembali menempati posisi kelima dengan turnamen FFL Clausura yang mampu mengumpulkan 1,2 juta penonton secara bersamaan.

Turnamen eSports Terpopuler 2020 berdasarkan penonton rata-rata

LOL Worlds juga memimpin daftar pemirsa rata-rata dengan lebih dari 1,1 juta penonton. Acara tersebut diadakan di Shanghai dari tanggal 25 September hingga 31 Oktober 2020.

Kemudian ada FFCS Asia dan Amerika yang menempati urutan kedua dan ketiga. Masing-masing dengan raihan penonton sekitar 827 ribuan dan 796 ribuan.

Tempat keempat diisi oleh Free Fire Copa America. Ini juga menjadi salah satu turnamen eSports yang digelar secara offline di tahun 2020. Turnamen eSports mana saja yang sudah Anda tonton? (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here