Unreal Engine 5 Resmi Tersedia, Kualitas Game Semakin Realistis

Telset.id, Jakarta – Epic Games resmi mengumumkan ketersediaan lisensi software pengembangan game Unreal Engine 5. Tersedia dua lisensi yang bisa dimanfaatkan pengembang game, yakni gratis dan berbayar.

Hadirnya software Unreal Engine 5 memungkinkan developer game untuk mengembangkan permainan dengan visual yang baik dan interaktif. Penerus Unreal Engine 4 tersebut membawa berbagai fitur inovatif untuk menciptakan kualitas visual atau tampilan grafis 3D semakin realistis lagi.

Salah satunya adalah Lumen yang membuat pencahayaan terlihat lebih nyata lagi. Solusi iluminasi ini diklaim sangat dinamis, sehingga memungkinkan pengembang game untuk menciptakan skenario yang menarik dan terlihat lebih realistis.

Baca juga: Daftar HP Gaming Terbaik 2022

Dengan Lumen, pembuat game tidak lagi harus membuat berbagai lightmap UV, menunggu lightmaps sampai baking, atau menempatkan reflection captures. Cukup membuat dan mengedit light di dalam Unreal Editor dan melihat hasilnya akan sama dengan yang dilihat pemain saat game dijalankan.

Tidak ketinggalan, ada sistem bernama Nanite yang memberi kebebasan kepada pengembang game untuk memasukkan objek, elemen visual, serta detail-detail pendukung pada game sebanyak mungkin.

Lisensi Game dengan Unreal Engine 5
Fitur Nanite di Unreal Engine 5

Dengan Nanite, developer game dapat mengimpor langsung source art berkualitas film yang mengandung jutaan polygon, mulai dari ZBrush sculpts hingga pemindaian fotogrametri serta menempatkannya jutaan kali, sambil tetap mempertahankan kecepatan gambar secara real time, tanpa kehilangan ketepatannya.

Selain Lumen dan Nanite, Epic Games menjejalkan rangkaian teknologi lainnya. Seperti Virtual Shadow Maps yang memudahkan developer dalam membuat detail bayangan pada setiap objek visual di dalam game.

Baca juga: Game dengan Grafik Terbaik PC 2022

Kemudian ada Temporal Super Resolution yang bisa meningkatkan resolusi pada gamber yang rendah dengan teknik upsampling. Teknologi ini bisa melakukan rendering pada resolusi yang jauh lebih rendah dengan ketelitian pixel yang sama dengan gambar beresolusi lebih tinggi.

Harga dan Ketersediaan Unreal Engine 5

Game dengan Unreal Engine 5

Kelebihan Unreal Engine 5 adalah mendukung game untuk berbagai platform, seperti PC, Mac, Android, iOS, sampai konsol generasi terbaru dari PS5 hingga Xbox Series X. Malahan, sistem ini bisa juga dimanfaatkan untuk game cross-platform.

Selain game, sistem pembuat game ini juga bisa diimplementasikan untuk animasi, film, hingga aplikasi yang memerlukan grafis 3D dengan kualitas yang lebih baik.

Lisensi Unreal Engine 5 versi standar dapat pengembang download secara gratis melalui situs resmi ini. Epic Games juga menyediakan lisensi berbayar atau enterprise dengan biaya mencapai Rp 21,5 jutaan per tahunnya.

Baca juga: 20 Game FPS Terbaik di Android 2022

Bagi yang berlangganan enterprise, pengembang akan mendapatkan dukungan penuh serta memperoleh berbagai pelatihan ekstra untuk memaksimalkan fitur di dalamnya.

Untuk melihat sampel game yang dibuat dari Unreal Engine 5, Anda dapat mencoba dan memainkan game Lyra Starter Game yang bisa diunduh di sini serta City Sample yang dapat diakses melalui situs ini. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0