15 Emulator Terbaik untuk Main Game Lawas di Android dan PC

Emulator game jadul di Android dan PC

Telset.id – Banyak hal yang menjadi tren di masa kini mengingatkan kita pada masa lampau. Dan itu tak hanya kendaraan atau film, tetapi juga emulator game jadul, yang kini hadir dalam versi lebih baru. Untuk itu kami akan rekomendasikan 15 emulator game di Android dan PC.

Nah, bagi Anda yang besar di era 90an, mungkin tak asing lagi dengan sejumlah judul video game seperti Mario Bros, Donkey Kong, Double Dragon, Mortal Kombat dan lainnya.

Saat itu, sebagian dari Anda mungkin tidak mengira bahwa judul-judul game ini akan kembali hadir ketika usia Anda mulai menua seperti sekarang. Menariknya lagi, kini bahkan bisa dinimkati di ponsel.

Tapi tentu saja, Anda butuh sejumlah hal untuk mendukung itu. Pertama, Anda butuh ponsel Android modern yang memiliki aplikasi emulator Android terbaik dengan spek bagus tapi ringan.

Kemudian pastikan ROM (file permainan) dengan emulator ini adalah game yang benar-benar Anda beli dan sudah dimiliki lantaran mendownload ROM untuk game yang tidak Anda miliki adalah pembajakan.

Selanjutnya Anda harus menggunakan aplikasi FTP untuk dapat mentransfer file langsung ke perangkat Android tanpa harus harus menggunakan kabel.

15 Emulator Game Jadul Terbaik Android & PC

Saat ini banyak sekali emulator yang bisa Anda gunakan untuk memainkan berbagai macam game. Mulai dari game modern, hingga yang lawas. Tapi kali ini kami khusus akan membahas emulator untuk memainkan game-game lawas.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pilihan emulator game jadul di Android dan PC, yang bisa menjadi pilihan:

1. Game Arcade

Game Arcade

Banyak game arcade jadul seperti Double Dragon, Alien, Blade Master, Altered Beast dan game tambahan yang sangat besar untuk Playstation, Nintendo, NES, dan platform lainnya yang dapat Anda unggah dan mainkan di aplikasi ini.

2. Emulator SPE 2P (SPN)

Emulator SPE 2P

Fitur unik di aplikasi ini adalah memainkan game NES lama dalam dua mode player melalui WiFi. Kontrol pada emulator SPE 2P sangat responsif sehingga sama menyenangkannya seperti saat game pertama kali keluar.

3. NDS Boy! (Nintendo DS)

NDS Boy!

Emulator NDS Boy ini cepat dan berjalan lancar untuk memainkan game-game lama. Perangkat ini mendukung file ROM NDS, dan juga mengimpor format terkompresi seperti ZIP, RAR, dan 7Z.

4. MegaN64 (N64)

MegaN64 (N64)

Emulator MegaN64 memiliki rating tinggi untuk para gamer yang menyukai game Nintendo 64. Kontrol ditempatkan dengan baik di sudut bawah layar sehingga Anda dapat memainkan permainan dengan ibu jari seperti pengontrol permainan Nintendo 64 aslinya.

5. Mupen64Plus FZ (N64)

Mupen64Plus

Jika dilihat, emulator ini mirip dengan MegaN64. Dan sesuai namanya juga, perangkat ini untuk memainkan Nintendo 64. Sebelum bermain, Anda harus mendownload dulu gamenya.

Tapi jangan khawatir, karena pengembangnya akan memberikan rekomendasi judul game yang menarik. Selain itu, karena emulator Mupen64Plus menggunakan sistem plug-in seperti ePSXe, Anda perlu mengatur terlebih dulu emulator ini.

6. ClassicBoy (PS1, N64, Game Boy)

ClassicBoy

Pengaturan emulator ClassicBoy sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Antarmuka pengguna (seperti pemetaan gesture dan pengaturan sensitivitas sensor) juga bisa disesuaikan sehingga terasa nyaman untuk digunakan.

7. RetroArch (GBA, NES, Sega, PS, dan Lainnya)

RetroArch

RetroArch memungkinkan Anda mengunggah “inti” pembaruan untuk konsol atau mesin game apa pun yang ingin ditiru. Itu sebabnya, emulator ini mampu menjalankan game-game retro dari berbagai konsol.

Bagi Anda penggemar game-game PlayStation jadul, Anda bisa menggunakan RetroArch untuk memainkan game seperti menggunakan konsol PlayStation 1 dan generasi sebelumnya. Selain itu bisa juga konsol handheld dari Game Boy Advance.

8. PPSSPP (PSP) PlayStation Portable (PSP)

PPSSPP

PPSSPP bisa kami sebut sebagai emulator yang istimewa, karena bisa menjalankan berbagai game PSP. Emulator ini memiliki kemiripan dengan Dolphin, karena ternyata penciptanya adalah co-founder dari Dolphin.

Emulator ini sedehana dan sangat mudah digunakan, dan bisa memainkan hampir semua game PSP. Pengaturan dan pemuatan ROM mudah diatur dari menu settings sederhana. Emulator PPSSPP ini tidak akan membatasi Anda bermain dengan cara yang sama seperti PSP asli. PPSSPP masih terus mendapatkan update.

9. DOSBox

DOSBox

Emulator yang satu ini cukup unik, karena diciptakan khusus untuk menjalankan game-game di era MS-Dos. Jadul banget ya!. Jadi jika Anda masih menyimpan koleksi game lawas di era MS-Dos, maka Anda bisa memainkannya dengan menggunakan DosBox, dijamin lancar.

Yang menarik, karena adanya DosBox, beberapa pengembang game yang me-repackage game DOS lamanya untuk bisa dimainkan kembali di komputer PC atau laptop modern.

10. GENPlusDroid (Sega Genesis)

GENPlusDroid

Memainkan game jadul dengan menggunakan emulator GENPlusDroid memang harus lebih bersabar. Anda butuh penyesuaian sedikit dalam permainan, karena agak terasa lebih lambat responnya ketimbang konsol aslinya.

11. OpenEmu

OpenEmu

Emulator ini mirip dengan RetroArch, tapi hanya bisa digunakan untuk memainkan game jadul dimac OS X. Dengan menggunakan OpenEmu, Anda bisa melihat galeri game seperti iTunes yang dapat membantu kamu mengatur koleksi game.

Anda juga bisa mengatur koleksi game jadul yang Anda simpan di Mac, karena bisa membantu mengatur nama game dan mendapatkan box art secara online secara otomatis.

12. PCSX2

PCSX2

Jika Anda ingin memainkan game-game di PlayStation 2, maka PCSX2 adalah solusi yang tepat untuk Anda gunakan. Emulator ini sangat powerful untuk memainkan game-game jadul di PS2.

Tapi harus diingat, emulator ini membutuhkan komputer dengan spek yang cukup tinggi, karena harus menampilkan kualitas grafis PS2 yang cukup tinggi juga. Kami rasa laptop modern sekarang sudah banyak yang bisa Anda gunakan.

13. ePSXe

ePSXe

ePSXe disebut-sebut sebagai salah satu emulator terbaik untuk PlayStation 1 di PC atau laptop. Dengan menggunakan emulator ini, Anda bisa memainkan game-game PS1 favorit dengan sangat lancar.

Tapi untuk bisa memainkannya dengan lancar, Anda harus mengatur emulator ini dengan benar. Kami menganjurkan untuk mereset dulu komputer Anda, agar bisa menemukan pengaturan terbaik emulator ePSXe. Selamat mencoba!

14. Dolphin

Dolphin

Emulator Dolphin tergolong istimewa. Karena perangkat ini adalah emulator GameCube atau Wii, dan menjadi satu-satunya emulator yang bisa menjalankan game di konsol generasi ke-7 dengan lancar, seperti PS3, XBox 360, Wii.

Banyak penggemar game yang memberikan penilaian yang positif pada emulator Dolphin. Kami rekomendasikan emulator ini untuk memainkan game-game jadul PS3 atau Xbox kesayangan Anda.

15. ScummVM

ScummVM

Buat Anda penggemar game-game petualangan point-and-click jadul, emulator ScummVM sangat direkomendasikan untuk digunakan. Anda bisa memainkan game petualangan kesayangan Anda dengan lancar.

Emulator ini memang diciptakan untuk menjalankan game yang menggunakan CUMM scripting language, yang sering digunakan oleh LucasArts. Karena kemampuan emulator ini, sehingga banyak perusahaan game yang me­repackage game jadul mereka. Anda harus mencobanya!

Nah, itu tadi 15 emulator terbaik untuk memainkan game-game jadul di PC dan juga HP Android. Anda bisa langsung mencobanya, dan jangan lupa tetap jaga kesehatan.[WS/HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here