Duh! Harry Potter: Wizards Unite Kumpulkan Data Lokasi Pengguna

Telset.id, Jakarta  – Bukan rahasia lagi bahwa permainan seperti Harry Potter: Wizards Unite dan Pokémon Go melacak lokasi pengguna. Pertanyaannya, berapa banyak data pengguna yang diambil oleh perusahaan seperti Niantic?

Sebagai bagian dari laporan ekstensif mengenai bagaimana perusahaan teknologi memetakan dunia, Kotaku mengungkapkan bahwa game tersebut telah mengumpulkan sejumlah data yang mengejutkan.

{Baca juga: Ada Naga di Game Harry Potter: Wizards Unite}

Menurut Engadget, Kotaku melihat pada 25.000 catatan lokasi yang dibagikan oleh 10 pemain game Niantic. Ditemukan bahwa Niantic menyimpan sekitar tiga catatan lokasi per menit gameplay Harry Potter: Wizards Unite.

Rekor itu hampir dua kali lipat jumlah yang disimpan untuk Pokemon Go. Dalam satu kasus, Niantic memiliki setidaknya satu catatan lokasi yang diambil hampir setiap jam dalam sehari. Kemungkinan, Niantic mengumpulkan data lokasi bahkan ketika pengguna tidak bermain.

Niantic menyalahkan pengumpulan data non-stop pada bug di versi Android. Dikatakan perusahaan bahwa bug telah diperbaiki. Semua pengumpulan data lain dirinci dalam kebijakan privasi dan pengguna dapat meminta agar data dihapus.

Dalam laporannya, Kotaku memperingatkan bahwa Niantic memiliki data lokasi yang cukup untuk membedakan pola individu dari perilaku pengguna serta detail intim tentang kehidupan para pemain.

{Baca juga: Hore! Game Harry Potter: Wizard Unite Resmi Hadir di Indonesia}

Google memiliki data lokasi yang cukup untuk membantu penyelidik menyelesaikan kasus itu meskipun Anda sudah menghapus riwayat secara otomatis. Dan bug yang membocorkan data lokasi Anda tidak pernah terdengar. [BA/HBS]

Sumber: Engadget

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -