YouTube Setop Uji Coba Konten Video 4K Khusus Pengguna Premium

Telset.id, Jakarta – YouTube mengkonfirmasi telah menghentikan uji coba pembatasan akses konten 4K untuk pengguna premium. Tidak hanya menghentikan eksperimennya, YouTube bahkan memastikan tidak melanjutkan proyek tersebut.

Seperti diketahui, YouTube sempat  melakukan uji coba dengan membatasi akses ke konten 4K untuk pengguna Premium. Tapi entah kenapa, uji coba itu tidak dilanjutkan.

Dengan begitu, kini video YouTube beresolusi 4K kembali bisa diakses seluruh pengguna, tanpa batasan apa pun dan tanpa harus berlangganan layanan YouTube premium.

Bulan lalu seorang pengguna melaporkan melihat label “Premium” di sebelah tombol 2160p di aplikasi YouTube mereka. Tidak banyak pengguna yang melaporkan temuan itu, karena memang YouTube mungkin hanya melakukan uji coba secara terbatas, atau pengujian A/B.

Tidak jelas apa hasil dari uji coba tersebut. Tetapi memang tidak penting untuk mengetahuinya. Bagi kami, justru yang lebih penting adalah YouTube sudah memutuskan untuk menarik kembali dan membatalkan rencananya membatasi akses konten 4K hanya untuk pengguna premium saja.

BACA JUGA:

Meski begitu, sebuah tweet dalam bahasa Jepang pada awal bulan ini mengungkapkan bahwa YouTube sedang mencari masukan dari pengguna tentang fitur tersebut, yang berarti fitur tersebut belum sepenuhnya ditinggalkan.

Informasi tersebut memang belum terkonfirmasi, tapi jika memang informasi itu akurat alias benar, maka itu akan menjadi kabar yang kurang menggembirakan bagi para pengguna aplikasi berbagi video milik Google itu.

Sekarang yang bisa kita lakukan hanya bisa menunggu dan melihat perkembangan selanjutnya. Semoga saja YouTube tetap pada keputusannya sekarang untuk tidak melanjutkan rencananya membatasi akses konten 4K untuk pengguna premium saja.

YouTube video 4K awalnya tidak dibatasi. Para pengguna platform sebelumnya bisa mengkases video mulai dari resolusi rendah 144p hingga resolusi tertinggi yang berukuran 2160p tanpa harus berlangganan Premium.

BACA JUGA:

YouTube Premium merupakan layanan berbayar yang disediakan perusahaan penyedia video terbesar ini. Layanan ini memberikan para pengguna beberapa fitur seperti, video tanpa iklan dan pemutaran video di background. Untuk di Indonesia fitur Premium dapat diakses dengan harga Rp 59.000 per bulan.

Sebelumnya juga YouTube menghadirkan fitur baru bernama Handle. Dengan fitur ini, akun kreator konten sekarang bisa secara mudah untuk melakukan identifikasi dan berinteraksi dengan penonton. Kalau dilihat, fitur ini mirip dengan yang sudah ada di Instagram dan TikTok. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0