Cara Pindahkan atau Sembunyikan Dock di macOS

Telset.id, Jakarta – Selain menjadi tempat praktis untuk menyimpan aplikasi yang paling sering digunakan, Dock di MacOS juga merupakan cara mudah untuk mengakses aplikasi dan fitur yang sedang digunakan. Tapi, tahukah Anda bahwa Dock di MacOS bisa dengan mudah diubah ukuran, penempatan, bahkan disembunyikan?

Ya, biasanya Dock berada di bagian bawah layar. Namun, ini nyatanya tidak perlu selalu berada disana. Anda bisa menyematkannya ke kiri atau kanan dengan sedikit gubahan.

Anda juga bisa mengubah penempatannya di System Preferences. Selain, dapat pula mengubah ukuran Dock di menu yang sama. Nah, bagaimana caranya?

BACA JUGA:

Berikut ini cara mudah untuk memindahkan atau menyembunyikan Dock di MacOS:

Cara mengubah ukuran dan lokasi Dock di macOS

  • Langkah pertama, klik Apple Menu
  • Setelah itu klik System Preferences
  • Langkah selanjutnya, pilih Dock & Menu Bar
  • Gunakan penggeser Dock Size untuk menyesuaikan ukuran Dock Anda
  • Sementara untuk mengubah posisinya, atau memilih dimana Dock akan muncuk, gunakan tombol Position on screen

Jika tidak ingin melihat Dock sepanjang waktu, Anda juga bisa menyembunyikannya. Dock akan muncul setiap Anda mengarahkan mouse ke area tempat biasanya berada.

Cara menyembunyikan Dock di macOS

  • Pertama, klik Apple Menu
  • Setelah itu pilih System Preferences
  • Klik Dock & Menu Bar
  • ilih kotak centang di sebelah Automatically hide and show the Dock

Sebagai informasi, Dock adalah fitur yang menonjol dari antarmuka pengguna grafis untuk komputer Macintosh. Gunanya untuk meluncurkan dan beralih antar- aplikasi.

Dock juga merupakan fitur menonjol dari sistem operasi NeXTSTEP dan OPENSTEP. Asal tahu saja, NeXTSTEP dan OPENSTEP merupakan sistem operasi pendahulu macOS.

Dock di komputer Mac adalah tempat yang praktis untuk mengakses aplikasi dan fitur paling sering pengguna gunakan setiap hari, semisal Launchpad dan Recycle Bin.

BACA JUGA:

Dock dapat menampilkan hingga tiga aplikasi baru yang belum ada. Secara default, Dock terletak di sepanjang tepi bawah layar, tetapi Anda dapat mengatur tampilannya.

Dock sangat populer dan cukup intuitif untuk menjadi elemen antarmuka pengguna inti di luar Mac, termasuk sebagai komponen utama di prangkat iOS maupun OS lain.

Untuk memperjelas, Dock mirip dengan Taskbar untuk Windows meski versi modern menggunakan variasi dan dimasukkan ke dalam sistem Vista, Win 7, dan Windows 8. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0