YouTube Luncurkan Fitur Handle, Memudahkan Identifikasi Channel

Telset.id, Jakarta – YouTube menghadirkan fitur baru bernama Handle. Dengan fitur ini, akun YouTube kreator konten sekarang bisa secara mudah untuk diidentifikasi dan berinteraksi dengan penonton. Kalau dilihat, fitur ini mirip di Instagram dan TikTok.

Akun YouTube kreator konten bisa mudah diidentifikasi hanya dengan menuliskan nama. Pemirsa bisa menandainya di komentar, pos komunitas, dll.

YouTube memperkenalkan fitur Handle untuk para pemilik kanal di platform streaming video. Fitur tersebut akan muncul di halaman saluran dan YouTube Shorts. Fitur itu menjadi satu-satunya cara untuk identifikasi saluran atau pengguna YouTube.

BACA JUGA:

youtube handles 2

Dengan fitur Handle, memungkinkan pengguna YouTube untuk berinteraksi dengan memakai format @namapengguna. Pengguna bisa memakainya untuk berkomunikasi dengan penonton di YouTube Shorts, halaman channel, deskripsi video hingga komentar.

Namun, tidak seperti nama channel, fitur Handel akan berlaku di seluruh platform, memungkinkan kreator konten untuk lebih membangun kehadiran.

“Kami ingin memastikan kreator konten membuat identitas unik sambil memberikan kepercayaan kepada pemirsa untuk berinteraksi,” kata YouTube.

Langkah itu juga akan meminimalkan akun peniru yang menjadi lazim di YouTube. Perlu dicatat, nama pengguna sudah ada di TikTok dan Instagram.

Fitur Handel akan diluncurkan secara bertahap ke pengguna YouTube. Perusahaan mengatakan, fitur tersebut akan unik dan ada setiap saluran di YouTube.

YouTube mengatakan bahwa pengguna akan menerima pemberitahuan manakala memenuhi syarat untuk memilih nama Handle untuk diri sendiri.

Kelayakan untuk menangani akan ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk kehadiran keseluruhan di platform, jumlah pelanggan, dan keaktifan saluran.

Pengguna yang telah membuat URL dipersonalisasi untuk saluran YouTube akan secara otomatis menerima ekstensi URL sebagai nama pegangan default.

Kata YouTube, pengguna dapat memilih untuk mengubahnya setelah menerima pemberitahuan kelayakan untuk mengklaim nama pegangan yang diinginkan.

Asal tahu saja, YouTube memang terus menghadirkan inovasi di platform supaya lebih memberi banyak pengalaman menarik kepada para pengguna.

Belum lama ini dilaporkan, YouTube Shorts bakal dapat uang dari iklan setelah YouTube meluncurkan cara baru bagi kreator konten untuk menghasilkan cuan.

BACA JUGA:

Pengguna YouTube Shorts akan bisa mendapatkan uang dari iklan setelah YouTube menyadari sekarang mendapat saingan ketat dari aplikasi video pendek asal China, TikTok.

Layanan streaming milik Google tersebut mengumumkan akan memperkenalkan iklan di fitur video pendek dan memberi kreator konten jatah fee sebesar 45 persen dari iklan. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0