telset

Windows 11 SE Diumumkan, OS Khusus untuk Laptop Anak Sekolah

Telset.id, Jakarta – Edisi terbaru dari OS Windows 11 baru saja diluncurkan. Adalah Windows 11 SE yang memiliki kelebihan sebagai sistem operasi khusus untuk laptop atau PC harga murah yang diperuntukkan bagi anak sekolah.

Windows 11 SE atau School Edition, dirancang untuk mengatasi tantangan mendasar yang dihadapi di sekolah sehari-harinya. Sistem operasi ini telah ditingkatkan kinerjanya, sumber dayanya juga sudah dioptimalkan, dan mudah untuk dipakai agar sesuai dengan anak-anak sekolah.

Dalam situs resminya, Microsoft mengatakan bahwa sistem operasi Windows 11 SE dibuat agar dapat berjalan secara ideal berjalan di laptop harga murah yang pas untuk anak sekolahan.

Laptop murah yang dimaksud adalah dengan harga di bawah USD 249 atau Rp 3,5 jutaan dan ditenagai oleh prosesor Intel dan AMD kelas bawah.

Baca juga: Daftar Laptop Chromebook Harga Murah

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 SE

Windows 11 SE Laptop untuk anak sekolah

Tidak seperti Windows 11 biasa, versi School Edition ini sudah terinstall beberapa aplikasi seperti, Microsoft Office (termasuk Word, PowerPoint, Excel, OneNote, dan OneDrive), yang juga dapat digunakan secara offline sebagai bagian dari lisensi Microsoft 365.

Kemudian aplikasi Microsoft Store juga dihilangkan. Ini bertujuan agar laptop atau PC harga murah yang memakainya tetap berjalan maksimal tanpa gangguan yang berarti.

Dengan tujuan yang sama, Microsoft juga membatasi beberapa fitur multitasking, termasuk mengurangi jumlah aplikasi yang dapat dijalankan di layar sekaligus menjadi dua aplikasi saja.

Menariknya, OS untuk siswa ini akan secara otomatis “memaksa” aplikasi berjalan secara fullscreen. Ini menjadi salah satu kelebihan dari Windows 11 SE, mengingat laptop harga murah untuk siswa sekolah biasanya tampil dengan layar kecil berukuran 11 inci.

Lagi-lagi dengan tujuan mengoptimalkan kinerja perangkat, Microsoft juga membatasi akses ke partisi “This PC” di File Explorer secara default. Sebagai gantinya, OS tersebut didukung sistem penyimpanan cloud yang memungkinkan pengguna mengakses semua dokumen yang disimpan.

Windows 11 SE juga disematkan kelebihan yang memudahkan admin IT pihak sekolah. OS ini dilengkapi dengan fitur Windows Autopilot dengan Intune for Education yang memungkinkan admin IT sekolah untuk mengelola perangkat berbasis School Edition dari mana saja.

Baca juga: Apa Itu Laptop Chromebook?

Fitur Windows Autopilot merupakan sistem berbasis cloud sederhana dan didukung oleh sistem keamanan yang canggih. Hebatnya, admin IT pun dapat mengatur jadwal update sistem agar dapat dilakukan di luar jam kelas saja.

Sayangnya, Windows 11 SE pun menyimpan beberapa kekurangan. OS ini masih didasarkan pada Windows klasik dengan pembaruan OS yang sangat lambat.

Selain itu, laptop dengan OS ini mungkin tidak akan tersedia di market pada umumnya. Sebab, Microsoft hanya mengizinkan peredarannya di sekolah saja.

Admin IT sekolah pun bakal cukup kesulitan untuk melakukan manajemen pengguna di sekolah, karena belum ada pilihan untuk menghapus atau menambah user baru pada perangkat. Mungkin, Microsoft akan memberikan kemampuan itu ke depannya.

Digulirkan Akhir Tahun

Windows 11 SE Laptop untuk anak sekolah

Dijadwalkan, Microsoft akan menyediakan Windows 11 School Edition secara serentak melalui saluran pendidikan pada akhir tahun ini hingga tahun depan.

Baca juga: Menelisik Pengadaan Laptop untuk Sekolah

Perlu diingat sekali lagi, laptop ini tidak akan tersedia pada laptop harga murah untuk pengguna umum, melainkan hanya tersedia pada perangkat pendidikan yang dibeli dalam jumlah besar.

Itu artinya, perangkat ini hanya dapat ditemukan di sekolah saja. Well, kita nantikan kehadiran laptop ini ke depannya ya! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0