YouTube Mulai Berikan Watermark untuk Video Shorts

Telset.id, Jakarta – YouTube mulai memberikan tambahan watermark atau tanda air untuk video Shorts yang dibagikan ke platform lain. Fitur tersebut diberikan secara bertahap ke kreator Shorts.

Dilansir Telset dari Engadget pada Jumat (19/8/20220, informasi mengenai fitur watermark ini diumumkan oleh salah satu tim Youtube bernama Sarah melalui pusat bantuan komunitas.

Katanya melalui fitur watermark ini, maka video Shorts yang diposting ulang ke platform lain seperti TikTok atau Instagram Reels, maka akan muncul watermark YouTube Shorts.

“Jika Anda adalah kreator yang mendownload Shorts dari YouTube Studio untuk dibagikan di platform lain, kini Anda akan menemukan watermark yang ditambahkan ke konten yang didownload,” tulis Sarah.

Sarah tidak memberitahukan bagaimana bentuk watermark yang ada di video. Dirinya hanya bilang alasan YouTube menghadirkan watermark, supaya orang-orang yang melihat video tersebut tahu kalau itu video yang diunggah dari Shorts.

BACA JUGA:

“Kami telah menambahkan watermark ke Shorts yang Anda download sehingga penonton dapat melihat bahwa konten yang Anda bagikan di seluruh platform dapat ditemukan di YouTube Shorts,” sambungnya.

Rencananya YouTube akan mulai dengan memberi tanda air pada Shorts yang Anda buat di desktop selama beberapa minggu mendatang, dan memperluas ke aplikas YouTube di HP selama beberapa bulan ke depan.

Belum diketahui apakah fitur ini juga akan hadir di pengguna atau kreator YouTube Shorts, di Indonesia.

“Ini diluncurkan selama beberapa minggu ke depan di desktop, dan kami berencana untuk memperluas ke seluler selama beberapa bulan mendatang,” tutup Sarah.

BACA JUGA:

Kehadiran fitur watermark di Shorts, semakin membuat Shorts mirip seperti TikTok. Pasalnya selama ini aplikasi video pandek yang memberikan watermark di videonya adalah TikTok.

Namun, adanya watermark ini cukup membantu para kreator Shorts, agar video tidak diklaim oleh orang lain dan membuat sosok kreator pembuat video bisa lebih dikenal. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0