Update Android 13 Beta Digulirkan, Khusus untuk Google Pixel

Telset.id, Jakarta – Google menepati janjinya untuk meluncurkan update Android 13 beta versi pertama pada akhir April 2022. Akan tetapi, OS terbaru ini hanya diberikan kepada seri smartphone tertentu saja.

Seperti dikutip Telset dari Endgadget pada Rabu (27/4/2022), perusahaan hanya merilis update untuk Google Pixel 4 hingga Google Pixel Series. Selain itu, sistem operasi tersebut cuma membawa tiga fitur baru, dengan dua di antaranya dikhususkan untuk para developer saja.

Salah satu fitur yang dihadirkan pada update ini adalah kontrol izin yang lebih terperinci untuk file media bersama. Selain itu, OS ini juga mencakup semua pemutakhiran dari Android 13 Developer Preview versi kedua, termasuk persyaratan bahwa aplikasi meminta izin untuk mengirim pemberitahuan.

Baca juga: Kehebatan HP dengan Android 13

Lebih lanjut, ada pembaruan untuk fitur pemilih foto baru, audio Bluetooth LE, dan dukungan untuk instrumen MIDI 2.0 melalui USB. Di sisi lain, Google tidak menyarankan untuk memasang sistem operasi di ponsel utama karena masih versi beta yang bisa saja mengandung banyak bug di dalamnya.

Sementara mengenai kapan OS akan dirilis, perlu diketahui kalau update Android 13 akan mencapai tahap stabilitas platform pada Juni 2022. Kemungkinan dirilis sekitar Juli 2022 atau bertepatan dengan peluncuran Pixel seri terbaru.

Namun Android seri yang baru ini diprediksi bakal diperkenalkan ke publik pada Mei 2022, tepatnya saat acara tahunan Google I/O 2022 berlangsung.

Aneka Fitur Baru di Android 13 

Android 13 Beta

Sebelumnya muncul bocoran informasi mengenai aneka fitur baru yang hadir di Android 13. Total ada 4 fitur yang fitur anyar seperti fitur API Photo Picker yang memungkinkan pengguna bisa berbagi foto atau video di 1 aplikasi saja.

Berikutnya adalah fitur Material You. Lewat fitur ini, ikon aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya akan mengikuti tema HP Android.

Baca juga: 4 Fitur Anyar di Android 13

Lalu  pengguna akan banyak melakukan update aplikasi bawaan sistem lewat Play Store ketimbang melalui update sistem operasi. Nantinya update perangkat Bluetooth, Photo Picker, dan lain sebagainya akan bisa dilakukan lewat Play Store layaknya aplikasi pada umumnya.

Terakhir kabarnya OS tidak hanya mendukung perangkat smartphone saja. OS Android terbaru itu juga akan mendukung tablet, HP layar lipat, dan Chromebook. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0