Twitter Wajibkan Netizen ‘Mikir Dulu’ Sebelum Retweet

Twitter Retweet

Telset.id, Jakarta – Twitter dilaporkan sedang mengembangkan fitur yang “memaksa” netizen untuk membaca dan berpikir dahulu sebelum retweet atau membagikan artikel dari seseorang.

Fitur ini akan menampilkan peringatan kepada pengguna agar membaca artikel atau unggahan sebelum membagikannya kembali.

Jadi, ketika pengguna ingin melakukan retweet artikel, akan muncul pemberitahuan kepada mereka agar membaca artikel terlebih dahulu.

Meskipun hanya pengingat, fitur tersebut diharapkan dapat mendorong netizen untuk lebih rajin membaca artikel sebelum membagikannya. Fitur tersebut sedang dilakukan uji coba di aplikasi Twitter untuk Android, dan uji coba tersebut diumumkan oleh akun @TwitterSupport.

{Baca juga: Viral! 7 Meme Kocak Raisa di Twitter Dijamin Bikin Ngakak}

“Untuk membantu mempromosikan diskusi yang diinformasikan, kami sedang menguji permintaan baru di Android –– ketika Anda me-retweet sebuah artikel yang belum Anda buka di Twitter, kami mungkin bertanya apakah Anda ingin membukanya terlebih dahulu,” cuit @TwitterSupport.

Uji coba ini bukan satu-satunya upaya Twitter untuk mendorong netizen agar lebih bijak menggunakan media sosial. Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo pada Jumat (12/06/2020), awal bulan lalu, Twitter memperkenalkan fitur yang mendorong pengguna untuk merevisi atau mengedit tweet mereka sebelum mempostingnya, terutama jika itu berisi bahasa yang mungkin dianggap berbahaya.

Twitter sendiri baru-baru ini menghadirkan fitur baru untuk versi web, yang memungkinkan pengguna untuk jadwalkan cuitan alias tweet. Fitur itu diklaim cukup membantu perusahaan yang ingin membuat pengumuman.

Media sosial tersebut sekarang memberi pengguna kesempatan untuk menjadwalkan cuitan. Dengan demikian, pengguna punya banyak waktu untuk mengeceknya.

{Baca juga: Twitter Versi Web Kini Bisa Jadwalkan Cuitan Pengguna}

Memanfaatkan fitur tersebut, pengguna bisa menuliskan kata-kata terlebih dahulu dan menjadwalkannya untuk tayang pada waktu tertentu. Sebelum tayang, kata-kata cuitan bisa dicek betul agar tak bermasalah. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here