Menkominfo Rapat dengan CEO YouTube Bahas Hoaks

Menkominfo CEO Youtube Hoaks

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Johnny G. Plate melakukan rapat virtual dengan CEO Global Youtube Susan Wojcicki dan Presiden Google Asia Pasifik Scott Beaumont. Rapat tersebut membahas kerja sama global terkait penanganan hoaks di Indonesia.

Rapat menkominfo Johnny dan CEO Youtube dilakukan secara virtual pada Jumat (12/06/2020). Rapat tersebut membahas rencana kerja sama antara Kominfo dan YouTube dalam melawan hoaks di Indonesia khususnya di platform YouTube.

{Baca juga: YouTube Sumbang 1 Juta Dollar untuk Atasi Masalah Rasisme}

Kerja sama tersebut dilakukan karena selama ini YouTube adalah platform yang rajin memberantas konten hoaks di platform mereka.

“Kominfo mengapresiasi upaya-upaya Youtube dalam melawan disinformasi/hoaks yang terkait scara spesifik dengan pemutusan mata rantai peneluran Covid-19,” kata Johnny.

Menkominfo Johnny juga menilai jika Youtube mampu menyebarluaskan informasi yang sehat dan membangun literasi digital kepada masyarakat global khususnya Indonesia.

“Kominfo juga mengapresasi Youtube dalam komitmennya untuk membantu penyebarluasan informasi yang sehat kepada masyaraakt global dan upaya membangun literasi digital masyarakat Indonesia,” tutur Johnny.

Selain kerja sama penanganan hoaks, Johnny dan Susan juga membahas peran Youtube untuk membangun ekonomi digital.

Saat konferensi pers pada Jumat (12/06/2020) pembahasan tersebut juga berkaitan dengan persiapan Indonesia menghadapi adaptasi kebiasaan baru atau New Normal.

“Hal-hal tersebut sangatlah baik untuk diketahui, mengingat upaya adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif dan aman membutuhkan dukungan ekonomi digital, persebaran informasi yang sehat, aktual, faktual serta literasi digital bagi masyarakat kita,” tutup Johnny.

{Baca juga: Respon Menkominfo Usai Divonis Bersalah Blokir Internet Papua}

Sayangnya Menkominfo Johnny tidak menjelaskan detail kerja sama penanganan hoaks yang dimaksud.

Perlu diketahui selain melakukan pertemuan dengan Youtube, Jonny hari ini juga melakukan rapat virtual dengan perwakilan Google Cloud dan menghadiri Opening Ceremony of ASEAN-China Year of Digital Economy Cooperation secara virtual. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here