telset
spot_img

Fitur Voice Over Mudahkan Pengguna Difabel Belanja di Tokopedia

Telset.id, Jakarta – Tokopedia memiliki fitur baru bernama Voice Over yang memudahkan pengguna difabel, khususnya tunanetra menggunakan aplikasi Tokopedia untuk belanja maupun jualan online.

Diungkapkan Ferico Samuel selaku Engineering Manager Tokopedia, fitur Voice Over adalah upaya Tokopedia untuk menjadi platform yang inklusif bagi semua pengguna.

“Lewat fitur ini kami berharap Tokopedia bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” ungkap Ferico.

Ferico juga menjelaskan bahwa lewat fitur ini, pengguna difabel bisa lebih mudah berbelanja karena Voice Over mengubah informasi dalam bentuk teks ke dalam suara.

Baca juga: CTO dan CIO Tokopedia Masuk Daftar Eksekutif Teknologi Paling Inovatif

Misalnya fitur review belanja yang awalnya hanya tersedia dalam teks tulisan, Voice Over akan membacakannya kepada pengguna difabel untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Begitu pun dengan informasi mengenai promo dan berbelanja menggunakan aplikasi dompet digital.

“Fitur Voice Over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka,” tambah Ferico.

Fitur voice over mendapatkan sambutan baik dari pengguna. Salah satunya adalah Maria Hardono yang berkata bahwa fitur Voice Over Tokopedia membantunya dalam proses belanja online.

“Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping,” tutur Maria.

Pengguna lainnya sekaligus pelaku usaha di Tokopedia. M. Reza Akbar mengaku kalau fitur Voice Over di Tokopedia dirinya menjadi lebih mandiri dalam berbelanja.

“Saya merasa menjadi lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman,” kata Reza.

Baca juga: Lewat Tokopedia NOW!, Pesanan Sembako Bisa Sampai dalam 2 Jam 

Saat ini, fitur baru tersebut sudah bisa diakses di aplikasi untuk iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone Android. Kehadiran fitur Voice Over sendiri bertepatan dengan Hari Difabel Sedunia yang jatuh pada Jumat 3 Desember 2021 kemarin. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0