APPS

TikTok Bikin Layanan Streaming Musik, Mau Saingi Spotify?

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – TikTok sepertinya tidak puas sebagai aplikasi video pendek dengan beragam fitur menarik. Kabarnya aplikasi asal China itu sedang mengembangkan layanan streaming musiknya sendiri.

Dikutip Telset dari Engadget pada Selasa (2/8/2022), TikTok telah mengajukan paten merek aplikasi ke Australia dan pihak Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat pada 9 Mei 2022 untuk merek TikTok Music.

Menurut informasi dari Insider, TikTok Music memiliki fungsi yang mirip seperti Spotify dan JOOX yakni memungkinkan pengguna mendengarkan lagu-lagu favorit mereka.

“TikTok Music memberikan kesempatan pengguna untuk membeli, memutar, berbagi, mengunduh musik, lagu, album, lirik, streaming langsung audio dan video, mengedit dan mengunggah foto sebagai sampul daftar putar dan mengomentari musik, lagu, dan album,” tulis Insider.

BACA JUGA:

Sekedar informasi kalau sebenarnya ByteDance, selaku perusahaan induk TikTok telah memiliki aplikasi streaming musik bernama Resso. Namun, aplikasi ini hanya tersedia di India, Brasil dan Indonesia.

Aplikasi itu memiliki beberapa fitur yang disebutkan dalam pengarsipan merek dagang, seperti daftar putar, berbagi lagu, dan interaksi komunitas. Jadi apabila TikTok Music benar-benar dirilis, maka aplikasi tersebut akan bersaing langsung dengan saudara kandungnya sendiri Resso.

TikTok belum memberikan tanggapan mengenai kasus ini, tetapi adanya TikTok Music sepertinya bisa menambah persaingan di industri streaming musik yang saat ini diisi oleh Spotify, Apple Music, JOOX dan lain sebagainya.

Pengguna TikTok Bisa Buat Avatar Sendiri

BACA JUGA:

Sebelumnya pengguna TikTok akan bisa membuat dan menyesuaikan avatar animasi untuk membintangi video mereka dengan menggunakan fitur baru TikTok Avatars. Fitur TikTok Avatars yang baru saja dirilis itu dapat mencerminkan ekspresi wajah Anda sendiri.

Pengguna bisa menyesuaikan tampilan avatar dengan mengubah penampilan, pakaian, karakteristik lain seperti tindikan serta tekstur rambut.

TikTok akan memiliki template siap pakai yang dapat diubah. Atau, Anda dapat memulai dari awal untuk membuat avatar yang benar-benar unik.

Setelah avatar jadi, pengguna bisa memakainya sebagai karakter dalam video dengan menambahkan efek suara berbeda atau “reaksi” animasi. [NM/HBS]

 

Leave a Comment