Update Telegram Versi 7.5.0 Hadirkan 7 Fitur Baru, Apa Saja?

Telset.id, Jakarta – Telegram baru saja merilis update versi terbaru aplikasi versi 7.5.0. Pada update versi terbaru ini Telegram menghadirkan 7 fitur baru yang menarik dan sangat berguna.

Dilansir Telset dari Blog Telegram pada Jumat (26/02/2021), Telegram mengumumkan bahwa versi 7.5.0 memberikan fitur hapus pesan otomatis, tautan undangan sementara dan akses masuk ke grup lebih cepat dengan menggunakan widget.

Selain itu update Telegram juga memberikan fitur baru pada group chat dimana Anda dapat membuat grup dengan jumlah yang tidak terbatas.

“Anda dapat memiliki grup dengan anggota tak terbatas,” tulis Telegram.

7 Fitur Baru Telegram Vesi 7.5.0

Update Telegram 7.5.0
Update aplikasi Telegram versi 7.5.0

Selain 4 fitur tersebut ada juga beberapa fitur lain yang hadir di dalam update Telegram versi 7.5.0 ini. Total ada 7 fitur baru yang dapat Anda coba untuk menunjang komunikasi melalui aplikasi berlambang pesawat kertas ini.

1. Hapus Pesan Otomatis

Mulai tanggal 23 Februari 2021  Anda dapat mengaktifkan waktu hapus otomatis pada semua obrolan di Telegram. Hal ini akan menghapus pesan untuk semua anggota baik 24 jam atau 7 hari setelah pengiriman.

{Baca juga: Panduan Lengkap Cara Bikin Stiker Lucu di Aplikasi Telegram}

Hapus otomatis hanya berlaku pada pesan setelah pengaturan waktu diaktifkan, pesan sebelumnya akan tetap tinggal sebagai riwayat obrolan.

Update Telegram 7.5.0

Fitur ini berbeda dengan fitur Secret Chat yang sudah ada di Telegram sejak tahun 2013. Hitungan mundur pada fitur hapus pesan otomatis dimulai setelah pesan dikirim bukan setelah pesan dibaca. Berikut cara mengaktifkan fitur tersebut.

  • Buka chat room di aplikasi Telegram Anda.
  • Untuk pengguna Android silakan tekan tanda titik tiga yang berada di bagian kanan atas dan pilih “Clear History” serta “Enable Auto Delete” lalu pilih durasi waktu penghapusan otomatis.
  • Untuk pengguna iOS silakan tekan dan tahan pesan, kemudian pilih “Select” lalu tekan “Clear Chat“. Pilih “Enable Auto Delete” dan pilih durasi waktu penghapusan pesan otomatis.
  • Bagi Anda yang ingin melihat durasi waktu silakan tekan layar chat room untuk smartphone Android dan tekan serta tahan layar chat room untuk smartphone iOS. Nantinya akan terlihat informasi tentang durasi pesan terhapus.
  • Pada grup dan channel, hanya admin yang dapat memasang dan mengatur waktu.

2. Widget Layar Beranda

Kedua adalah widget di layar beranda. Dapatkan akses cepat untuk obrolan penting dengan memasang Widget Telegram di layar beranda Anda.

Chat Widget akan menampilkan pesan terkini, sedangkan Shortcut Widget hanya menampilkan nama dan foto profil. Di Android, obrolan dan pesan di widget akan selalu diperbarui dan Anda dapat memperbesar ukuran widget di layar.

Update Telegram 7.5.0

Sedangkan untuk iOS, widget hanya akan mendapatkan pembaruan sesekali dan tidak dapat diperbesar karena adanya batasan sistem. Untuk memasang widget, tekan dan tahan dari layar beranda Android, atau (+) untuk iOS dan cari Telegram.

3. Tautan Undangan Sementara

Fitur ketiga adalah tautan undangan sementara. Fitur tautan ini sangat mudah digunakan bagi mereka yang ingin mengundang 1 hingga 1 juta pengguna ke grup dan channel dengan lebih cepat.

Bersamaan dengan tautan utama, pemilik dan admin sekarang dapat membuat tautan tambahan sementara dengan batasan durasi, penggunaan, bahkan keduanya. Tautan juga dapat diubah menjadi QR Code sehingga bisa dipasang di brosur atau papan iklan.

Update Fitur Terbaru Telegram

Anda juga dapat mengetahui gambaran statistik untuk melihat format tautan mana yang efektif untuk pertumbuhan grup dan channel Anda. Berikut cara membuat tautan undangan sementara:

  • Buka “Profil Grup” atau “Channel” kemudian “Edit” kemudian “Tautan Undangan”.
  • Ketuk tanda titik tiga vertika “⋮” atau horizontal “⋯” untuk mengubah tautan menjadi QR Code.

4. Grup dengan Anggota Tak Terbatas

Melalui fitur ini Anda dapat memiliki anggota grup hingga 200.000 untuk berbagi pesan, media dan stiker. Grup yang sudah hampir mencapai batasan dapat diubah menjadi Broadcast Group dengan anggota tak terbatas.

{Baca juga: Cara Menggunakan Telegram Web di PC & Laptop, Panduan Termudah!}

Dengan mengubah grup menjadi Broadcast Group, maka hanya admin yang dapat mengirim pesan, namun anggota grup dapat bergabung ke Voice Chats.

Broadcast Group cocok bagi komunitas besar di mana pengguna akan tetap mendapat informasi penting terkini, mengikuti wawancara ekslusif atau berdiskusi.

5. Peningkatan Impor Obrolan

Telegram terus menyempurnakan fitur impor obrolan yang sudah diluncurkan bulan lalu. Pada pembaruan kali ini, pesan yang diimpor akan diurutkan berdasarkan tanggal asli dan berfungsi jika ditambahkan ke obrolan Telegram yang memiliki kurang dari 1.000 pesan.

Menyortir pesan sesuai tanggal asli saat ini tersedia saat mengimpor ke semua obrolan pribadi, semua grup yang baru dibuat dan grup kecil yang sudah ada.

6. Peningkatan Sistem Laporan

Telegram memproses jutaan laporan pengguna setiap bulan untuk memastikan platform tidak disalahgunakan. Untuk membantu sistem menjadi efisien, Telegram sekarang akan selalu meminta Anda untuk memilih pesan tertentu saat mengirim laporan.

Maksudnya apakah pesan yang Anda laporkan memiliki konten kekerasan atau berasal dari akun palsu. Semua opsi pelaporan memungkinkan Anda menambahkan penjelasan agar sesuai konteks misalnya saat melaporkan akun palsu.

7. Tambahan Emoji Animasi

Terakhir Telegram menambahkan beberapa fitur emoji animasi untuk Anda seperti simbol hati, tangan dan lain sebagainya. Tujuannya agar obrolan Anda dan teman-teman bisa semakin menarik.

Demikian ketujuh fitur yang hadir di dalam update Telegram. Bagi yang penasaran silakan lakukan pembaruan pada aplikasi Telegram di ponsel Anda supaya dapat merasakan pembaruan aplikasi tersebut. [NM/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -