telset
spot_img

Spotify Uji Coba Fitur Video Vertikal, Kok Mirip TikTok?

Telset.id, Jakarta – Fitur video feed vertikal yang awalnya dihadirkan TikTok, ternyata mau ditiru Spotify. Sama seperti aplikasi teknologi lainnya, Spotify sedang dalam tahap uji fitur yang bentuknya mirip video feed vertikal khas TikTok.

Dilansir Telset dari TechCrunch pada Jumat (26/11/2021), fitur yang dimaksud adalah Discover. Uji coba fitur Discover pertama kali ditemukan oleh pengguna Spotify di iOS bernama Chris Messina.

Melalui akun Twitter @chrismessina, dirinya memposting adanya tambahan ikon di toolbar, yakni Discover.

“Omg untuk pertama kalinya dalam berapa lama (?) ,@Spotify telah menambahkan ikon KEEMPAT ke toolbar mereka: Discover!,” cuit @chrismessina.

Lalu saat di-klik, pengguna diajak untuk melihat beberapa rekomendasi lagu dalam bentuk video vertikal. Bentuknya menyerupai video di TikTok dan pengguna bisa usap layar untuk lihat video selanjutnya.

Di dalam video ada juga menu putar lagu, yang bisa dipakai untuk memberikan tanda like pada lagu. Nanti lagu akan otomatis masuk dalam daftar lagu yang disukai.

Baca juga: Cari Soundtrack Film Netflix Lebih Mudah di Spotify

“Tidak hanya itu, @Spotify Discover pada dasarnya adalah versi lain dari video musik vertikal TikTok, yang dapat Anda sukai atau lewati,” tambahnya.

Spotify telah mengonfirmasi temuan uji coba tersebut. Mereka mengakui bahwa sedang menguji fitur Discover, yang menyajikan video vertikal yang dapat digulir oleh pengguna secara opsional.

Video yang ada di Discover adalah Canvas atau video cover untuk sebuah lagu. Awalnya Canvas hanya hadir saat lagu diputar saja. Namun, di fitur Discover Canvas hadir menjadi video berformat vertikal seperti video pendek di TikTok.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami,” kata juru bicara Spotify.

Sayangnya tidak dijelaskan kapan fitur Discover bakal diluncurkan. Perusahaan juga tidak mau mengatakan di platform mana Discover tersedia.

“Beberapa dari tes itu akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting. Kami tidak memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan saat ini,” jelasnya.

Baca juga: Cara Share Lirik Lagu Spotify ke IG Story 

Video dengan format vertikal ala TikTok, memang sudah banyak yang meniru. Sebelum Spotify beberapa aplikasi lain seperti Instagram yakni Reels, YouTube melalui Shorts, Snapchat dengan fitur Spotlight dan Pinterest dengan fitur Idea Pins. (NM/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0