telset

Cerita di Balik Pengembangan One UI 2

Telset.id, Jakarta – Samsung telah mengembangkan User Interface (UI) lebih lanjut menjadi ‘One UI 2’, yang diresmikan pada akhir tahun lalu. Ada banyak cerita dibalik pengembangannya, yang diungkap oleh para desainer Samsung.

User Interface atau UI berperan memberikan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan perangkat smartphone-nya. Samsung pada tahun 2018 memperkenalkan sebuah versi yang ditingkatkan dari standar antarmuka yang disebut ‘One UI’.

Selain berupaya menjadikannya intuitif, konsisten, dan efektif, perancang UI mencoba merancang berdasarkan interaksi pengguna dalam menggunakan objek fisik sehari-hari agar UI lebih familiar.

{Baca juga: Rincian One UI 2.0 Bocor, Ungkap Konfigurasi Kamera 108MP}

Misalnya, pengguna mengubah halaman digital dalam e-book seperti halnya halaman fisik, atau menggeser kartu mereka ke atas pada aplikasi Samsung Pay dengan meniru cara mereka mengeluarkan kartu dari dompet mereka.

Ada banyal yang diperhatikan para desainer Samsung saat mengembangkan One UI 2. Kami akan menuliskan cerita hal-hal yang desainer perhatikan dalam menghadirkan UI terbaik.

Konsep One UI dimulai dengan ide untuk membantu pengguna yang sibuk saat ini agar tetap fokus dengan menyederhanakan interaksi di smartphone mereka. Salah satu desainer One UI Soyeon Lim menjelaskan bahwa proses mendesain antarmuka dilakukan berdasarkan konsep ‘kesederhanaan sehari-hari’.

“One UI dirancang untuk membantu pengguna fokus pada tugas-tugas penting dengan menghilangkan gangguan,” ujar Soyeon Lim.

Sekarang, One UI telah dikembangkan lebih lanjut menjadi One UI 2, yang diresmikan pada akhir tahun lalu. Antarmuka yang ditingkatkan ini menggabungkan ikon-ikon dari One UI dalam gaya dan konfigurasi baru, termasuk warna dan gerakan yang diubah.

Selain itu, menurut Lim, One UI 2 membuat ikon lebih mencolok dengan nada warna dan gerakan yang berbeda, misalnya ketika ikon ‘pengaturan’ bergetar untuk memberi tahu pengguna bahwa pembaruan sedang berlangsung.

Kesederhanaan jadi prioritas utama

One UI 2

Kesederhanaan adalah prioritas utama bagi para desainer ketika mengembangkan One UI 2. Untuk itu, layar pop-up di bagian atas dan bawah layar dibuat lebih ringkas dan sederhana agar pengguna tidak terganggu ketika menggunakan fitur.

Aplikasi kamera juga telah disederhanakan untuk memastikan fungsi kamera tidak terhambat, dan mencegah pengguna terganggu ketika mereka sedang mengambil gambar.

Taehee Hwang, perancang UI untuk aplikasi kamera, menceritakan bagaimana membuat pengalaman pengguna lebih mudah.

“Mode standar untuk foto dan video dapat diakses di bagian bawah layar, sedangkan mode khusus seperti makanan dan pemandangan malam hari dapat diakses dengan menekan perlihatkan lebih banyak,” jelas Taehee Hwang.

{Baca juga: Update One UI 2 Segera Dirilis, Apa yang Baru?}

“Ini menyederhanakan apa yang ditampilkan di layar sehingga pengguna dapat berkonsentrasi mengambil gambar mereka,” sambungnya.

HALAMAN SELANJUTNYA ⇒

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0