telset

Mirip Facebook, WhatsApp Punya Ruang Khusus untuk Komunitas

Telset.id, Jakarta – WhatsApp berencana untuk memberikan ruang chatting khusus untuk komunitas di aplikasinya. Inovasi ini diketahui melalui aplikasi WhatsApp Beta versi v2.21.21.6 yang ditemukan oleh salah satu anggota XDA Developer.

Ruang chatting untuk komunitas ini dibuat dengan konsep yang mirip dengan grup Facebook dan WhatsApp yang sudah ada. Berdasarkan source code yang bocor di internet, ada pengguna yang berperan sebagai admin yang mirip seperti grup WA. 

Dilansir Telset pada Rabu (13/10/2021), admin komunitas WhatsApp ini bertugas untuk mengatur pesan yang dapat diteruskan atau forward dan pengguna siapa saja yang dapat mengirim pesan. 

Baca juga:  WhatsApp Uji Coba Pengaturan Sembunyikan Foto Profil

Fitur yang disebut Community ini juga menerapkan sistem invitation. Artinya, pengguna yang dapat masuk ke dalam komunitas WhatsApp adalah mereka yang diundang saja. Bentuk undangannya sendiri berbentuk link atau QR Code.  

Fitur obrolan WA ini mendapat perhatian dari WABetaInfo. Situs yang banyak membahas fitur-fitur WhatsApp ini menyatakan bahwa fitur ruang chatting untuk komunitas WhatsApp akan menjadi fitur pembaruan dari grup WhatsApp yang selama ini sudah ada. 

Grup Komunitas WhatsApp

“Seseorang membocorkan “Community”, sedang dikembangkan untuk WhatsApp. Kami ingin menunggu beberapa tangkapan layar untuk memperkenalkannya. Community adalah cara bagi pengguna untuk mengatur grup WhatsApp mereka dengan lebih baik. Tidak lebih, itu bukan sesuatu seperti Twitter dan Facebook. Update akan segera menyusul,” cuitnya. 

WhatsApp sendiri belum memberikan keterangan mengenai fitur Community. Jadi belum ada penjelasan yang lebih lengkap dari fitur ini. 

WhatsApp Kembangkan Fitur Lainnya

Tak cuma ruang obrolan untuk komunitas di WhatsApp, aplikasi chatting populer ini juga mengembangkan fitur lainnya untuk memaksimalkan pengalaman pengguna.

Menurut situd WABEtaInfo, ke depannya fitur Voice Message di aplikasi WhatsApp memiliki opsi pause dan play. Kedua opsi ini akan muncul saat pengguna sedang melakukan perekaman pesan suara.

Baca juga: WhatsApp Punya Opsi Pause Pesan Suara 

Pesan Suara WhatsApp

Opsi tersebut tentu saja akan sangat berguna, karena selama ini apabila pengguna merekam pesan suara WhatsApp, hanya dapat dilakukan dalam sekali proses saja tanpa bisa dijeda.

Fitur baru di aplikasi chatting milik Facebook ini akan dirilis untuk pengguna beta di Android dan iOS. Namun tidak ada informasi tentang kapan fitur tersebut akan mulai diluncurkan untuk WhatsApp versi beta dan stabil. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0