telset

9 Perbedaaan Telegram X dan Telegram Biasa, Apa Kelebihannya?

Telset.id – Aplikasi Telegram Messenger sedang populer belakangan ini dan layak disandingkan dengan aplikasi perpesanan lain seperti WhatsApp, Line, BlackBerry Messenger. Namun gak semua orang tahu, bahwa selain Telegram ada juga versi Telegram X. Apa saja perbedaan dan kelebihannya?

Telegram X adalah aplikasi keluaran Telegram yang dirilis sejak Mei 2015 di Google Play Store. Ukuran aplikasinya gak beda jauh dengan Telegram dan aplikasi Telegram X memiliki fiur yang gak dimiliki oleh Telegram biasa.

{Baca juga: Cara Gunakan Telegram Web di PC dan Laptop Paling Mudah}

Perbedaan fitur keduanya tetap tidak mengurangi fungsi utama aplikasi ini untuk bertukar pesan secara online.

Nah buat yang belum tahu, tim Telset.id telah merangkum 9 perbedaan dan kelebihan aplikasi Telegram X dibandingkan Telegram biasa. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Menu di Call di halaman utama

aplikasi Telegram
Menu di Call di halaman utama

Perbedaan aplikasi Telegram dan Telegram X pertama, ada pada menu Call atau panggilan yang mencolok. Kalau menggunakan Telegram dalam waktu yang lama, kamu pasti tahu bila menu Panggilan ini berada di menu alias ikon tiga garis.

Namun pada aplikasi Telegram X, kamu bisa melihat daftar panggilan atau Call di halaman awal. Pengguna cukup klik menu Calls atau swipe ke kiri yang berada di sebelah kanan Chats.

2. Tulisan Telegram di awal

download aplikasi Telegram
Tulisan Telegram di awal

Kamu bisa menemukan tulisan Telegram yang ada di paling atas bila menggunakan Telegram biasa, tapi tidak dengan aplikasi Telegram X. Ternyata tak ada tulisan Telegram X atau Telegram di sana.

{Baca juga: Aplikasi Telegram Bakal Hadirkan Fitur Video Call}

Perbedaan ini tentu bukan masalah dibanding fungsi utamanya sebagai aplikasi pengirim pesan. Kalau kamu menyukai aplikasi pesan yang seolah polos dan tak bernama, aplikasi Telegram X bisa dijadikan pilihan.

3. Pilihan bahasa yang tersedia

 telegram x
Pilihan bahasa yang tersedia

Cukup banyak bahasa default yang tersedia di Telegram X, seperti bahasa Inggris,  Jerman, Spanyol, Portugal, Prancis dan bahasa Melayu. Bagaimana dengan bahasa Indonesia?

Kalau di lihat pada menu pilihan bahasa yang tersedia, bahasa Indonesia memang tidak muncul. Tapi sebenarnya kamu bisa mendapatkan pilihan terjemahan bahasa Indonesia dengan mengangkses Telegram X versi beta.

Jika kamu sudah mengakses Telegram X versi beta, maka kalian bisa mendapatkan paket pilihan bahasa Indonesia seperti yang ada di aplikasi Telegram biasa.

4. Tema Chat

perbedaan Telegram dan Telegram X
Tema Chat

Salah satu keunggulan aplikasi Telegram X dibanding Telegram biasa adalah banyaknya warna tema. Kamu bisa memilih warna merah, orange, hijau, classic, biru, dan masih ada beberapa warna lain. Sementara pilihan warna pada Telegram biasa meliputi gelap, biru arktrik, standar, dan mono.

Kamu bisa download aplikasi Telegram X bila menyukai banyaknya piliham tema chat. Bagi beberapa orang, tema chat yang bervariasi mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam memainkan aplikasi. Tapi jika menyukai tema yang standar atau biasa saja, kamu bisa memilih Telegram biasa.

Baik Telegram X maupun Telegram biasa juga bisa membuat tema sendiri sesuai warna yang kamu inginkan. Walau cara membuat tema agak rumit, kamu bisa membuat tema sendiri jika jenuh dengan tema yang sudah tersedia.

Telegram juga memiliki berbagai macam tema premade yang dapat diwarnai oleh pengguna serta tema yang sepenuhnya disesuaikan sehingga pengguna dapat menyesuaikan setiap bagian dari aplikasi. Kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan membaca informasinya di sini: Theme Editor 2.0.

5. Isi menu di ikon tiga garis

aplikasi Telegram
Isi menu di ikon tiga garis

Perbedaan Telegram dan Telegram X selanjutnya ada pada menu daftar menu yang cukup berbeda. Kamu akan menemukan banyak menu di Telegram biasa seperti Secret Chat Baru dan Chanel Baru, tapi tidak ada di Telegram X. Sebaliknya, kamu bisa menemukan opsi Night Mode di menu Telegram X, namun tidak ada di menu Telegram biasa.

Kamu bisa mengaktifkan mode malam di menu atau ikon 3 garis di Telegram ini, sementara kamu harus masuk ke menu pengaturan di Telegram biasa.

6. Kecepatan dan penggunaan daya baterai

download aplikasi Telegram
Kecepatan dan penggunaan daya baterai

Banyak pengguna yang menyatakan bila Telegram X lebih cepat dan menggunakan daya baterai lebih irit dan sedikit dibanding Telegram biasa.

Hal ini pun sudah dijelaskan di Telegram web yang bisa kamu baca di sini. Langsung aja kamu coba Telegram terbaru supaya gak penasaran.

7. Intip pesan tanpa membukanya

 telegram x
Intip pesan tanpa membukanya

Perbedaan Telegram X dan Telegram terbaru lainnya, kamu bisa mengintip pesan tanpa membukanya. Caranya pun mudah, kamu cukup klik lama pada chat yang ingin diintip dan isi chat otomatis akan keluar.

Kemampuan ini juga ada di versi biasa. Caranya hampir sama, yakni tekan lama gambar profil obrolan di daftar obrolan.

8. Animasi yang lebih halus

aplikasi Telegram
Animasi yang lebih halus

Kamu yang bisa menggunakan aplikasi Telegram pasti akan merasakan efek animasi yang lebih halus pada Telegram X. Aplikasi ini memiliki motion yang lebih halis dibanding Telegram biasa.

Selain itu tampilan di halaman utamanya juga berbeda seperti yang sudah dibahas di atas. Pada aplikasi Telegram ini, kamu bisa melakukan swipe untuk menuju kolom Calls.

9. Bebas Bubble

download aplikasi Telegram
Bebas Bubble

Kerap terganggu dengan bubble atau kotak yang memuat pesan dalam obrolan Telegram? Kamu bisa mencoba Telegram teranyar yang punya opsi tanpa bubble yang memudahkan penggunanya.

{Baca juga: Yeayy! Telegram Hadirkan Fitur Edit Video di Dalam Aplikasi}

Contohnya saat kamu ingin membaca channel tertentu. Sayangnya, cara ini cukup membingungkan bila digunakan pada chat grup atau personal karna chat yang diterima dan kirim selalu berada di sisi kiri. [RP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0