Penyebab Wallpaper “Mematikan” yang Bikin HP Android Rusak

Telset.id – Beberapa waktu lalu, pengguna Android khususnya smartphone Samsung sempat dibuat geger dengan sebuah wallpaper yang dapat membuat smartphone rusak.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab wallpaper dengan gambar indah nan cantik itu membuat smartphone Android hang dan rusak.

Wallpaper “mematikan” tersebut pertama kali diinformasikan oleh leakster bernama Ice Universe. Lewat unggahan di Twitter, ia memperingatkan para pengguna smartphone Android khususnya Samsung untuk tidak menggunakan gambar tersebut sebagai wallpaper.

{Baca Juga: Awas! Wallpaper Cantik Ini Bikin Smartphone Android ‘Hang’}

Selain smartphone Android Samsung, beberapa pengguna di sosial media juga melaporkan bahwa wallpaper tersebut jadi penyebab utama di smartphone Google, OnePlus, Nokia dan Xiaomi hang dan rusak.

Meskipun tidak semua model yang terkena dampak kerusakan dari penggunaan wallpaper tersebut, tapi kebanyakan model smartphone Android yang terkena dampak adalah seri dengan sistem operasi di bawah Android 10.

Hingga kini, penyebab wallpaper cantik yang bikin smartphone Android hang dan rusak masih sebatas analisa dari para ahli.

Ada satu teori yang menyebutkan bahwa gambar ini memiliki ruang warna yang lebih besar dibandingkan gambar normal pada umumnya, dan ini membuat penyesuaian array warna yang di luar batas. Sehingga, ketika wallpaper diaplikasikan, membuat sistem UI smartphone rusak dan hang.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Wallpaper Terbaik, Tampilan Smartphone Jadi Keren!}

Analisa serupa juga disampaikan oleh Google melalui Davide Bianco selaku Kepala Developer Android Open Source Project (AOSP). Ia menyebutkan bahwa kerusakan tersebut terjadi disebabkan oleh bug di sistem Android yang membatasi ruang warna gambar yang menyebabkan kerusakan.

Google sebenarnya telah memberikan dukungan untuk format RGB Standard RGB (sRGB) pada sistem operasi Android-nya. Namun, ada berbagai gambar yang tidak memiliki format sRGB biasa.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Ia bersama tim Google telah mengirimkan patch yang diklaim dapat menyelesaikan masalah tersebut. Dalam update patch tersebut dijelaskan penyebab utama mengapa smartphone Android bisa rusak gara-gara sebuah wallpaper.

“Masalah terjadi ketika pengguna mencoba untuk mengatur sebagai wallpaper gambar yang bukan sRGB. Apa yang terjadi adalah bahwa nilai variabel yang lebih tinggi daripada batas histogram, membuat SysUI lumpuh,” jelas Google.

Dengan patch terbaru, diharapkan kejadian serupa tidak akan dialami lagi oleh para pengguna Android manapun. (IR/MF)

SourceNDTV

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -