Awas! Wallpaper Cantik Ini Bikin Smartphone Android ‘Hang’

Telset.id, Jakarta –  Bagi Anda yang suka gonta-ganti wallpaper di smartphone Android, sebaiknya hati-hati apabila ingin menggantinya ke gambar satu ini. Sebab, wallpaper pemandangan indah ini bisa bikin smartphone Android hang dan rusak. Bagaimana bisa?

Bug wallpaper ini diungkap oleh leakster Ice Universe di Twitter. Ia memperingatkan kepada seluruh pengguna smartphone Android, khususnya Samsung untuk tidak memasang gambar ini sebagai wallpaper utama.

“Jangan pernah mengatur foto ini sebagai wallpaper, terutama pengguna Samsung. Ini akan menyebabkan hang! Jangan coba! Jika seseorang mengirimi gambar ini, abaikan saja,” katanya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Belum diketahui penyebab pasti mengapa smartphone Android, khususnya Samsung bisa hang apabila memasang wallpaper yang memperlihatkan pemandangan indah di pegunungan itu.

Wallpaper Android rusak

Tapi, melansir dari phoneArena, Senin (01/06/2020), ada satu teori yang menyebutkan bahwa gambar ini memiliki ruang warna yang lebih besar dibandingkan gambar normal pada umumnya, dan ini membuat penyesuaian array warna yang di luar batas. Sehingga, ketika wallpaper diaplikasikan, membuat sistem UI smartphone rusak dan hang.

Tim Telset.id telah mencobanya di smartphone Huawei P30 Pro. Namun, tidak terjadi gangguan ataupun kerusakan apapun pada smartphone yang kami gunakan.

Akan tetapi, salah seorang teman kami bernama Arin yang menggunakan Samsung Galaxy A31 mencoba memasang gambar tersebut sebagai wallpaper. Beberapa saat kemudian, layar smartphone miliknya berkedip berulang kali sampai akhirnya mati.

{Baca juga: Foto di HP Hilang Sendiri, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!}

Ketika mencoba menyalakannya kembali, ia diarahkan ke halaman “Android Recovery” yang diikuti dengan peringatan bahwa smartphone berjalan tidak normal. Smartphone bisa digunakan kembali ketika masuk ke “Safe Mode” setelah melakukan “Erase Data”, lalu mengganti wallpaper dan melakukan reset pabrik.

Wallpaper Android hang

 

“Mati hidup terus (layarnya) dan gak bisa dioperasikan. Nge-freeze gitu,” katanya.

Tim Telset.id menganjurkan kepada para pembaca untuk tidak coba-coba menggunakan gambar ini sebagai wallpaper di smartphone Android. Sebab, selain membuat hang, data-data Anda pun bisa saja hilang secara permanen ketika mencoba untuk memulihkan smartphone yang rusak. (MF)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...

Motorola One Fusion: ‘Versi Murah’ dengan Spesifikasi Standar

Telset.id - Motorola One Fusion telah melenggang resmi. Mengandalkan spesifikasi kelas menengah, Motorola One Fusion merupakan "versi standar" dari...

Harga Sejutaan, Samsung Galaxy M01 Hadir dengan Baterai 4,000 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung akhirnya resmi melepas seri Galaxy M01 di India. Samsung Galaxy M01 hadir dengan spesifikasi yang...

Main Game dengan Realme Buds Q Diklaim Anti Delay

Telset.id, Jakarta - Realme baru saja meluncurkan perangkat TWS yang dinamai Realme Buds Q. Menariknya, Realme Buds Q telah...
- Advertisement -