telset
spot_img

Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan ‘Last Seen’ dari Kontak Misterius

Telset.id, Jakarta – WhatsApp meningkatkan kemampuan fitur menyembunyikan ‘last seen’ dari kontak misterius dalam uji coba terbarunya. WhatsApp juga memperkuat fitur agar tidak ada aplikasi yang mampu membobol fitur tersebut.

Dilansir Telset dari Gadgets NDTV pada Selasa (14/12/2021), sebenarnya fitur menyembunyikan ‘last seen’ dapat diatur terkait siapa saja yang berhak melihatnya. Apakah semua pengguna, pengguna yang nomornya tersimpan di HP atau tidak ada yang bisa melihat.

Namun, WhatsApp tampaknya berusaha meningkatkannya lagi. Aplikasi perpesanan ini menguji coba kemampuan agar pengguna dapat menyembunyikan last seen dan status online dari nomor yang tidak dikenal atau kontak yang tersimpan di HP, tetapi belum pernah mengobrol dengannya.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Web Kini Bisa Atur Last Seen dan Read Receipts

Selain itu fitur menyembunyikan ‘last seen’ ini lebih kuat, dibandingkan fitur yang sudah ada. Sehingga aplikasi pihak ketiga tidak akan mampu membobol informasi seputar last seen dan status online pengguna.

Uji coba fitur dilakukan untuk merespon kehadiran berbagai aplikasi yang mampu membobol ‘last seen’ dan online akun WA. Katakanlah Cyberstalking. Aplikasi yang sempat muncul di Google Play Store ini banyak digunakan untuk mengintai ‘last seen’ dan online pengguna, walaupun mereka sudah berusaha menyembunyikannya.

Belum diketahui kapan peningkatan fitur Last Seen dan Online, akan diluncurkan. Kemungkinkan jika sudah resmi diluncurkan, pengguna Android dan iOS akan bisa langsung memanfaatkannya.

WhatsApp Uji Coba Last Seen ke Pengguna Tertentu

Sebelumnya, WhatsApp juga dikabarkan tengah menguji kemampuan baru di fitur last seen. Aplikasi memberikan opsi baru agar pengguna bisa menyembunyikan last seen dari kontak-kontak tertentu.

Dalam tangkapan layar yang diposting oleh WA Beta Info, tampak ada opsi tambahan, yakni “My Contacts Except” yang sedang uji coba WhatsApp untuk iOS.

Lewat opsi “My Contacts Except”, pengguna dapat mengaktifkan Last Seen WA kepada kontak-kontak tertentu saja, misalnya teman, kolega kerja dan keluarga. Jadi mereka lebih nyaman karena pengguna lainnya tidak mengetahui aktivitas di WA.

Baca juga: Last Seen WhatsApp Bisa Disembunyikan ke Pengguna Tertentu

“Hari ini WhatsApp akhirnya bekerja untuk memperkenalkan opsi lain yang disebut My Contacts Except, sehingga Anda akhirnya dapat mengaktifkan tampilan terakhir Anda, dan Anda dapat menonaktifkannya untuk kontak tertentu,” tulis WA Beta Info.

WhatsApp Last Seen

Hingga kini belum ada informasi dari WhatsApp mengenai pengembangan fitur Last Seen. Begitu juga belum ada keterangan kapan pembaruan fitur WhatsApp ini akan bisa digunakan oleh pengguna. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0