Hangouts Web Pensiun, Diganti Google Chat Mulai 1 November 2022

Telset.id, Jakarta – Google Hangouts versi web bakal berganti menjadi Google Chat mulai 1 November 2022. Google menyarankan pengguna untuk segera memindahkan story percakapan sebelum tanggal deadline.

Hangouts versi web beralih ke Google Chat sebagai bagian dari kebijakan Google. Google Hangouts memang telah dihentikan oleh Google dan digantikan Google Chat.

Seperti diketahui, Google Chat adalah layanan perpesanan terbaru yang dirilis Google untuk menggantikan Hangouts, untuk para pengguna umum maupun bisnis.

Google Hangouts sendiri telah dihapus dari Play Store dan App Store pada awal tahun ini. Sekarang, Google telah mengumumkan pergantian Hangouts di web ke Google Chat.

BACA JUGA:

Hangouts Web Google Chat

Kebijakan itu sebagai langkah terakhir untuk sepenuhnya menggantikan Google Hangouts, layanan perpesanan yang memulai debut pada 2013 sebagai fitur dari Google+.

Google Hangouts berganti menjadi Google Chat, aplikasi perpesanan default untuk pengguna Google Workspace. Transisi akan dimulai dari 1 November 2022 mendatang.

“Kami mengirim email karena beberapa percakapan atau bagian percakapan Anda tidak akan secara otomatis dimigrasikan dari Hangouts ke Chat,” kata Tim Google Apps.

Pengguna dapat memeriksa kotak masuk untuk komunikasi dari Google. Perusahaan memberi tahu apabila Anda ingin menyimpan percakapan Google Hangouts di PC.

“Anda harus menggunakan Google Takeout dan mengunduh data secara mudah sebelum 1 Januari 2023 ketika percakapan Hangouts akan dihapus,” kata Tim Google Apps.

Hangouts di PC dan percakapan bisa diakses hingga 1 November 2022. Jika menghapus percakapan dari Google Hangouts, konten di Google Chat juga dapat dihapus.

Google mengatakan bahwa Google Chat menawarkan integrasi lebih dekat dengan produk Google Workspace lain. Google Chat pun diklaim menghadirkan fitur modern.

BACA JUGA:

Fitur modern di Google Chat termasuk gif picker dan Spaces. Dua fitur tersebut merupakan tempat khusus untuk kolaborasi berbasis topik, seperti yang ada di Twitter.

Awal tahun ini, Google menghapus aplikasi Hangouts dari Play Store serta App Store bagi pengguna perangkat Android dan iOS. Hangouts lalu pindah ke Google Chat. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0