Telset.id, Jakarta – Meta semakin memperluas layanan NFT ke platform mereka. Usai Instagram, kini perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut telah menghadirkan layanan NFT di aplikasi Facebook kepada pengguna.
Dikutip Telset dari Engadget pada Selasa (30/8/2022), setelah melakukan uji coba pada Mei 2022, Meta akhirnya memberikan kesempatan pengguna Facebook untuk memposting aset NFT mereka.
Dengan kata lain, pengguna dapat menghubungkan dompet blockchain ke akun Facebook lalu memposting NFT di aplikasi Facebook. Sayangnya tidak dijelaskan mengenai pengguna di negara mana saja yang kedapatan fitur untuk pamer NFT tersebut.
Namun, kehadiran fitur NFT di Facebook merupakan kebijakan Meta yang cukup menarik. Hal ini karena pasar untuk token digital itu telah menurun dalam beberapa bulan terakhir.
Bahkan e-commerce NFT OpenSea sampai melakukan PHK karena karena nilai jual NFT yang menurun. Lantas mengapa Meta membawa fitur NFT ke Facebook?
Ada indikasi kalau Meta masih yakin dengan masa depan NFT, dan menginginkan agar Facebook dan Instagram menjadi tempat untuk memamerkan dan jual beli NFT.
BACA JUGA:
- 7 Aplikasi Membuat NFT di Android dan iOS Terbaik 2022, Gratis!
- Facebook Luncurkan Tab Postingan yang Diurutkan Sesuai Kronologis
Pengguna Instagram Bisa Pamer NFT
Sebelumnya pada Mei 2022, Bos Meta Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa NFT, meluncur di platform Instagram dan ketika fitur fitur baru tersedia di Amerika Serikat.
Kemudian pada awalAgustus 2022 fitur tersebut diperluas ke banyak negara. Fitur terbaru di Instagram rilis di lebih dari 100 negara.
Tidak disebutkan mengenai negara mana saja yang kedatangan fitur tersebut. Akan tetapi,Meta menyebut kalau fitur telah tersebar di negara-negara kawasan Afrika, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Amerika.
Lalu terdapat pula perbedaan fitur mengenai aplikasi Instagram di Amerika Serikat dan negara lain. Pengguna Instagram di Amerika Serikat bisa memamerkan NFT sekaligus menjual NFT di Instagram.
BACA JUGA:
- Instagram Sebar Fitur NFT di Lebih dari 100 Negara
- Aset NFT Sudah Bisa Dipamerkan di Instagram dan Facebook
Sedangkan 100 negara lain hanya bisa memamerkan fitur NFT saja. Jadi pengguna bisa menyertakan NFT di Feed dan Direct Message serta dalam stiker Augmented Reality di IG Story. Lalu pembuat dan kolektor NFT secara otomatis ditandai untuk atribusi, ketika NFT diposting. [NM/HBS]