Biar Gak “Gabut”, Sekarang Bisa “Mabar Game” di Microsoft Teams

Telset.id, Jakarta – Microsoft menambahkan aplikasi baru bernama Games for Work ke Teams, yang akan memungkinkan pengguna untuk memainkan beberapa game kasual secara bersama-sama, seperti Solitaire, Minesweeper, dll.

Beberapa game kasual Microsoft yang sudah populer dapat dimainkan secara bersama hingga 250 orang, seperti Solitaire, Minesweeper, IceBreakers, dan Wordament.

Solitaire dan Minesweeper, tentu saja adalah game Windows klasik yang sudah sangat dikenal oleh para pengguna Windows. Kedua ‘game jadul’ sudah menjadi aplikasi bawaan sistem operasi Microsoft Windows sejak tahun 90-an.

BACA JUGA:

Namun bedanya, jika dulu Anda memainkan Solitaire hanya sendirian, kini lewat aplikasi Games for Work, Anda bisa memainkan game ringan itu beramai-ramai hingga 250 orang. Anda dan pemain lain akan saling berhadapan untuk bisa finis pertama.

Berbeda dengan Solitaire, saat memainkan game Minesweeper, para pemain akan saling bekerja sama untuk membersihkan papan, dan setiap orang harus bisa menghindar dari ranjau ketika sedang mengklik untuk menghemat nyawa untuk mencapai kemenangan.

Lalu bagaimana dengan game Wordament? Game permainan kata versi baru ini akan menyediakan papan peringkat tempat yang akan menunjukan skor dari masing-masing pemain dan menjadi tolak ukur agar para pemain bisa saling mengejar skor satu sama lain dan menjadi pemenang pertama.

Sementara dalam game IceBreakers setiap pemain diharuskan untuk melakukan voting dari sebuah pertanyaan dengan topik tertentu dan membuat para pemain bisa menjadi lebih tahu tentang rekan-rekan kerjanya.

Disebutkan bahwa para kru Teams bekerja dengan Microsoft Casual Games, sebuah divisi Xbox Game Studios, untuk mengerjakan Games for Work. Menurut Microsoft, ide aplikasi game ini dibuat untuk membantu karyawan refresh kembali saat mereka “gabut” (jenuh) bekerja virtual dari rumah.

Microsoft rupanya merujuk pada data yang menyebutkan bahwa tim kerja yang bermain game bersama-sama selama 45 menit bisa 20 persen lebih produktif daripada mereka yang memilih jenis aktivitas membangun tim lainnya.

“Penelitian menunjukkan bahwa game meningkatkan manfaat kognitif, membantu menumbuhkan empati dan mendorong inklusi, membangun tim, dan pembelajaran,” tulis hasil penelitian itu.

Mungkin suatu hari nanti kita akan melihat Microsoft memasukkan Xbox Cloud Gaming ke dalam Teams. Tapi sebelum “mimpi itu diwujudkan Microsoft, untuk sementara Anda diminta membersihkan ladang ranjau virtual di game Minesweeper, atau bertarung dengan rekan kerja Anda menyelesaikan game Solitaire.

Bagi orang yang bekerja di perusahaan yang menggunakan Google Meet, tidak ada alasan untuk merasa tersisih: Anda juga dapat memainkan game seperti Uno Mobile dengan rekan kerja.

Sebenarnya tidak hanya Microsoft saja, Google pun sudah melalukan hal serupa. Para pengguna Google Meet dapat memainkan game kasual seperti Uno Mobile dengan rekan kerjanya. Bagaimana menurut Anda, apakah ide Games for Work dari Microsoft ini bermanfaat untuk menghindari “gabut”?

BACA JUGA:

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0