Teams, Aplikasi Telekonferensi Microsoft yang “Benci” Suara Keripik

Telekonferensi Microsoft

Telset.id, Jakarta Microsoft mengembangkan teknologi unik khusus untuk video telekonferensi. Teknologi buatan Microsoft bernama “Teams” ini diklaim bisa menghilangkan suara bising, seperti kunyahan kripik di tengah-tengah video telekonferensi agar tidak terdengar oleh pengguna lainnya.

Microsoft mendemonstrasikan teknologi unik itu kepada para jurnalis pada awal pekan ini. Microsoft meminta kepada Robert Aichner, seorang manajer program utama di divisi komunikasi, untuk menggerakkan tangannya di kantong keripik.

Hasilnya, menurut laporan CNET, dikutip Telset.id, Jumat (20/03/2020), Teams benar-benar bisa menghilangkan suara berisik. Ternyata, Microsoft menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

{Baca juga: Peta Buatan Microsoft Bisa Pantau Penyebaran Virus Corona}

“Dengan kekuatan AI, Teams  dapat menghilangkan kebisingan manakala Anda sedang berbicara. Orang-orang tetap dapat memahami perkataan secara sangat jelas,” katanya. Microsoft pun menyebutnya sebagai real-time noise suppression.

Langkah Microsoft mengembangkan Teams datang ketika terjadi lonjakan penggunaan perangkat di tengah penerapan work from home atau bekerja dari rumah gara-gara dampak virus Corona atau Covid-19.

{Baca juga: Bill Gates Putuskan Mundur dari Microsoft}

Microsoft menghadirkan Teams untuk mengurangi keluhan mengenai rapat virtual. Raksasa teknologi ini juga memperkenalkannya untuk mengaburkan latar belakang obrolan video sehingga orang-orang tetap bisa mendengar perkataan.

Tahun lalu, Microsoft memamerkan cara menghapus audio latar belakang dari video yang direkam. Teknologi tersebut memungkinkan hingga 50 orang untuk melakukan obrolan video pada saat yang sama melalui aplikasi obrolan Skype. (SN/MF)

SOURCECNET
Previous articleDukung Siswa Belajar di Rumah, Zenius Mulai Layanan “Live Teaching”
Next articleImbas “Work From Home”, Trafik Smartfren Naik 15%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here