Manfaatkan Bug iOS 13, Peretas Bisa Lihat Kontak Pengguna

Telset.id, Jakarta  – Meskipun iOS 13 tidak akan dirilis hingga 19 September 2019, seorang peneliti keamanan bernama Jose Rodriguez telah memposting video di YouTube. Isinya, tak lain, berupa eksploitasi bug iOS 13.

Menurut Phone Arena, dikutip Telset.id, Minggu (15/9/2019), dengan melakukan panggilan FaceTime dan mengaktifkan fitur Siri VoiceOver, pengguna iPhone bisa mengakses ke daftar kontak pemilik ponsel.

{Baca juga: Akan Hadir di iOS 13, Mode Gelap WhatsApp Sudah Bisa Dicoba}

Proses tersebut dapat memberi sang peretas daftar nomor telepon, alamat email, alamat jalan, dan lainnya tanpa sekalipun membuka kunci perangkat. Namun demikian, foto-foto pemilik ponsel masih terlindungi.

Rodriguez mengaku telah mengirimi Apple sebuah video yang menunjukkan kerentanan itu pada 17 Juli 2019 lalu. Akan tetapi, ia menyatakan, kerentanan tersebut masih muncul dalam versi Gold Master (GM) iOS 13.

Tahun lalu, Rodriguez menemukan eksploitasi serupa di iOS 12.1 yang memungkinkan peretas tidak hanya mengakses kontak pengguna telepon tetapi juga foto-fotonya. Apple kemudian menambalnya lewat pembaruan.

Seperti eksploitasi tahun lalu, kerentanan iOS 13 yang baru mengharuskan peretas untuk memegang iPhone target cukup lama guna menyelesaikan seluruh proses. Butuh pula ponsel kedua untuk panggilan FaceTime.

{Baca juga: iOS 13 Punya Fitur untuk Tolak Panggilan Misterius}

Sekadar informasi, Apple bakal menempatkan sistem operasi iOS 13 ke iPhone pada 19 September 2019 mendatang. WatchOS6 dikirimkan 19 September 2019 dan iPadOS akan dikirimkan pada 30 September 2019. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here