telset

WhatsApp Longgarkan Deadline Kebijakan Privasi untuk Pengguna

Telset.id, Jakarta – WhatsApp memberikan kelonggaran kepada pengguna yang belum menyetujui kebijakan privasi terbaru. Kelonggaran yang dimaksud adalah pengguna yang menolak kebijakan WhatsApp tetap dapat menggunakan berbagai fitur aplikasi secara normal pada 15 Mei 2021.

“Tidak ada seorang pun yang akunnya akan dihapus atau kehilangan fungsionalitas WhatsApp pada 15 Mei 2021 karena pembaruan ini,” tulis WhatsApp melalui blog resmi tepatnya di kolom Frequently Asked Questions (FAQ).

Pernyataan serupa dikatakan oleh juru bicara WhatsApp yang mengatakan bahwa pengguna yang belum menerima aturan tidak akan kehilangan akun mereka.

{Baca juga: WhatsApp Uji Coba untuk Opsi 24 Jam Pesan Terhapus Sendiri}

“Bagi mereka yang belum memiliki kesempatan untuk melakukannya, akun mereka tidak akan dihapus atau kehilangan fungsinya pada tanggal 15 Mei. Kami akan terus memberikan pengingat kepada pengguna tersebut dalam WhatsApp dalam beberapa minggu mendatang,” jelas perwakilan WhatsApp.

Sebenarnya pernyataan ini berbeda dengan apa yang ditulis WhatsApp pada Februari lalu. Di kolom FAQ, aplikasi milik Facebook ini memberikan peringatan kepada pengguna yang menolak kebijakan privasi WhatsApp.

Aplikasi menulis bahwa pengguna yang tidak menerima persyaratan baru WhatsApp akan kehilangan fitur membaca dan mengirim pesan WA.

“Jika Anda belum menerimanya, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda. Namun, Anda tidak akan memiliki fungsionalitas penuh WhatsApp sampai Anda menerimanya,” tutur WhatsApp.

{Baca juga: 15 Cara Jitu Mengatasi WhatsApp Error, Kenali Penyebabnya!}

“Untuk waktu yang singkat, Anda akan dapat menerima panggilan dan pemberitahuan, tetapi tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan dari aplikasi,” sambungnya.

Dibantah Informan WhatsApp

Pernyataan berbeda muncul dari sumber internal perusahaan. Menurut sumber anonim, pengguna yang belum menerima aturan kebijakan akan kehilangan fungsionalitas akun mereka secara bertahap.

Nantinya notifikasi yang berisi ajakan untuk menerima kebijakan baru WhatsApp akan menempel secara permanen di akun mereka. Bersamaan dengan itu, pengguna juga tidak akan dapat mengakses daftar obrolan standar dari dalam aplikasi.

Kebijakan Privasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp

Beberapa minggu setelahnya baru pengguna benar-benar kehilangan fitur utama WhatsApp seperti melakukan panggilan telepon dan menerima pesan.

{Baca juga: WhatsApp Business, Cara Menggunakan dan Fitur Terbaik untuk Usaha Anda}

Sekadar informasi, bahwa beberapa hari lagi aturan WhatsApp akan benar-benar diterapkan. Patut ditunggu bagaimana implementasi aturan ini dan dampaknya bagi pengguna di seluruh dunia. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0