Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business

Telset.id – WhatsApp memberikan layanan khusus untuk perusahaan atau pengusaha yakni WhatsApp Business. Nah, buat yang belum tahu, dalam tulisan tutotial kali ini kami akan memberikan tips cara menggunakan WhatsApp Business.

Sebagai informasi, melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mengembangkan dan mempromosikan bisnis Anda melalui aplikasi pesan singkat tersebut.

WhatsApp Business diluncurkan sekitar Januari 2018. Layanan ini memungkinan perusahaan atau pengusaha untuk bisa terhubung langsung dengan para konsumennya, Mereka bisa memberikan informasi, diskon atau promo melalui platform tersebut.

Untuk lebih mengenal aplikasi tersebut, kali ini Tim Telset.id akan memberikan tutorial cara menggunakan WhatsApp Business. Yuk disimak.

{Baca juga: WhatsApp Bikin Stiker Spesial Ramadan, Begini Caranya}

  • Pertama adalah unduh aplikasi WhatsApp Business Web yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Setelah mengunduh, Anda akan diminta untuk mengklik tulisan setuju dan lanjutkan atau agree and continue.

WhatsApp Business

  • Kedua, masukkan nomor telepon ketika membuat Akun. Terdapat pilihan apakah Anda ingin menggunakan nomor telepon di WhatsApp reguler atau nomor baru. Kalau menggunakan nomor telepon WhatsApp Reguler, maka Anda akan otomatis keluar dari WhatsApp reguler. Selanjutnya Anda akan mendapat kode verifikasi dan Anda akan mendapatkan akun WhatsApp Business.

WhatsApp Business

  • Ketiga Anda dapat melengkapi profil akun WhatsApp Business seperti foto dan nama bisnis. Selain itu Anda juga dapat memasukan katalog produk yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen. Caranya ketuk ikon tanda tambah biru atau Tambah ke Katalog. Kemudian unggah foto-foto produk yang ingin Anda pajang. Lalu berikan nama produk atau layanan dan simpan.

WhatsApp Business

  • Selain katalog, Anda juga bisa melengkapi profil Anda. Anda dapat masukkan deskripsi mengenai bisnis Anda, alamat toko, jam kerja, alamat email dan website bisnis. Caranya dengan menekan tombol tiga titik yang berada di sudut kanan atas. Kemudian pilih “Setelan” dan pilih “Setelan Bisnis.” Kemudian pilih “Profil Bisnis” dan Anda dapat menambahkan deskripsi sampai website bisnis Anda.

{Baca juga: Cara Memakai Satu Akun WhatsApp untuk 2 Ponsel}

WhatsApp Business

  • Terdapat beberapa fitur dari WhatsApp yang bisa Anda gunakan. Pertama fitur statistik. Melalui fitur tersebut Anda bisa melihat jumlah pesan yang terkirim dan terbaca oleh konsumen.

WhatsApp Business

  • Kedua fitur Pesan di Luar Jam Kerja. Melalui fitur ini Anda bisa membalas pesan secara otomatis ketika Anda tidak sedang menggunakan akun WhatsApp Business.

WhatsApp Business

  • Ketiga adalah Salam. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan pesan secara otomatis terhadap konsumen. Fitur tersebut bisa menjadi media untuk melakukan promosi produk.

WhatsApp Business

  • Fitur terakhir adalah Balas Cepat. Fitur ini dapat membantu ketika ingin membalas pesan dengan cepat dan otomatis. Anda dapat menggunakan balas cepat untuk pesan teks atau media, seperti GIF, gambar, dan video.

{Baca juga: Cara Ganti Warna dan Font di WhatsApp, Biar Gak Bosan!}

WhatsApp Business

Nah, bagaimana mudah kan cara menggunakan WhatsApp  Business. Silahkan Anda mencoba sekarang.

Tips WhatsApp lainnya…

Telset punya beberapa artikel tips WhatsApp yang bisa Anda baca dan mencobanya. Silahkan simak beberapa tips berikut ini:

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here