telset

Jumlah Pengguna Instagram Tembus 1 Miliar

Telset.id, Jakarta – Jumlah pengguna Instagram tembus 1  miliar. Hebatnya, layanan berbagi foto milik Facebook ini melakukannya hanya dalam waktu tujuh tahun.

Pengumuman ini disampaikan dalam sebuah event di Amerika Serikat (20/6) kemarin. Pencapaian ini merupakan tonggak utama keberhasilan bagi aplikasi jejaring sosial berbagi foto, yang baru berusia tujuh tahun.

Dalam kesempatan itu, selain menyampaikan fitur baru IGTV, Instagram membicarakan pertumbuhannya yang besar dalam beberapa bulan terakhir. Pada September 2017, Instagram melaporkan bahwa mereka memiliki 800 juta pengguna.

Baca juga: Instagram Siapkan IGTV untuk Saingi YouTube?

Hal itu berarti pengguna Instagram bertambah 200 juta pengguna hanya dalam waktu kurang dari setahun. Itu juga berarti, Instagram telah menggandakan jumlah pengguna totalnya sejak Juni 2016, yang hanya 500 juta pengguna pada saat itu.

Instagram sekarang adalah aplikasi keempat yang dimiliki Facebook yang jumlah penggunanya menembus hingga satu miliar. Instagram menyusul “saudara-saudaranya” yang lain, yakni Facebook, Messenger, dan WhatsApp.

Tentu saja ini memberi tekanan pada jejaring sosial saingannya, seperti Twitter yang kini “hanya” memiliki 336 juta pengguna, dan Snapchat yang mengantongi 300 juta pengguna hingga bulan ini.

Baca juga: Kantor Baru Instagram Bikin Karyawan Gak Mau Pulang

Instagram diluncurkan pada 6 Oktober 2010, dan hanya tersedia di iPhone. Dua tahun kemudian, aplikasi ini diluncurkan di ponsel Android, secara besar-besaran dan  meningkatkan cakupannya.

Instagram 1 billion users

Pada bulan yang sama, Facebook membeli Instagram seharga $ 1billion atau 1 miliar dollar AS. Pada Oktober 2015, Instagram mengungkapkan bahwa lebih dari 40 miliar foto telah diunggah ke layanan tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir, Instagram telah membuat sejumlah perubahan penting guna menarik lebih banyak pengguna. Pada Desember 2013, Instagram Directlaunched, memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengirim pesan pribadi satu sama lain.

Kemudian pada Agustus 2016, Instagram meluncurkan fitur Instagram Stories (klip video pendek yang tetap berada di timeline anda selama 24 jam), yang secara efektif merupakan hasil jepretan Snapchat dan terbukti berhasil.

Baca juga: Beli Barang Cukup Klik Unggahan di Instagram Story

Awal tahun ini, Instagram juga menambahkan fungsi belanja, yang memungkinkan pembelian item mislanya pakaian langsung melalui aplikasi. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0