Riset: Pengguna Aplikasi JOOX Semakin Cinta Musik Indonesia

JOOX Musik Indonesia

Telset.id,Jakarta – Pengguna aplikasi streaming JOOX di Indonesia sepertinya semakin cinta saja dengan musik dalam negeri. Hal ini bisa dilihat dari data peningkatan konsumsi lagu Indonesia di aplikasi tersebut pada tahun 2020.

Melalui konferensi pers virtual pada Selasa (20/10/2020), Head of JOOX Indonesia Peter May mengatakan bahwa sejak tahun 2015 sampai 2020 terjadi peningkatan presentase konsumsi lagu Indonesia oleh pengguna JOOX di Tanah Air.

Total peningkatan konsumsi lagu Indonesia sangat tinggi, yaitu 300% sehingga data ini membuktikan bahwa pengguna JOOX di Indonesia semakin mencintai karya musisi-musisi Indonesia.

“JOOX melihat pengguna semakin menggandrungi musik Indonesia seiring dengan meningkatnya local pride masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari total konsumsi lagu Indonesia yang meroket 300% dibandingkan tahun pertama JOOX di Indonesia” katanya.

{Baca juga: “Ikuti #KataHati”, JOOX Ajak Pengguna Curhat Lewat Musik}

Tidak hanya peningkatan jumlah konsumsi lagu. Pada konferensi pers bertajuk “JOOX 5th Anniversary-Parade JOOX Lima” tersebut Peter May juga mengatakan kalau jajaran top chart lagu di JOOX didominasi oleh lagu-lagu karya musisi Tanah Air.

“JOOX juga mencatat porsi musik Indonesia yang semakin mendominasi jajaran top chart dari tahun ke tahun. Di tahun 2020 ini, lagu Indonesia menduduki 80% top chart JOOX, empat kali lipat dari tahun 2016,” ujar May.

Salah satu genre musik yang paling banyak didengar adalah musik dangdut dimana terjadi peningkatan konsumsi lagu-lagu dangdut hingga 3 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Musik dangdut saat ini juga semakin diapresiasi oleh seluruh kalangan masyarakat dari segala usia yang ditandai dengan kenaikan konsumsi hingga 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. Sejak 2019, kami pun melihat perkembangan signifikan dari musisi-musisi indie,” tambah May.

“Perkembangan tersebut memotivasi JOOX untuk menjadi Tuan Rumah Musik di Indonesia yang menghadirkan beragam jenis musik sesuai selera masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Head of Marketing JOOX Indonesia, Yuanita Agata menjelaskan kalau untuk merayakan momen 5 tahun JOOX hadir di Indonesia, maka JOOX menggelar “Parade JOOX Lima” sejak tanggal 12 Oktober 2020 sampai 28 Oktober 2020.

Acara tersebut menghadirkan penampilan musik berbagai genre berserta talk show inspiratif bersama para musisi ternama Indonesia. Semua rangkaian acara tersebut disiarkan secara eksklusif melalui JOOX Live.

{Baca juga: Dukung HMS, Joox Kini Tersedia di Huawei App Gallery}

“Kami harap JOOX bisa terus menemani kata hati pengguna dalam segala kondisi, serta menjadi mitra para musisi yang mendukung dan memungkinkan mereka untuk berkarya dan menghasilkan konten-konten musik berkualitas,” tutup Yuanita. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here