5 Aplikasi Video Conference untuk Kerja dari Rumah, Gratis!

Telset.id – Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan masyarakat Indonesia untuk kerja dari rumah. Aplikasi video conference bisa jadi pilihan yang tepat untuk untuk saling terhubung dan berkoordinasi dengan rekan kerja. Seperti misalnya Google Hangouts Meet, Skype, Teams, dll

Sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus corona di Tanah Air, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Orang nomor satu di Indonesia tersebut meminta masyarakat untuk mulai kerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah.

Bagi sebagian orang mungkin cukup asing dengan pola kerja yang dilakukan dari rumah. Salah satu kekhawatirannya adalah sulit berkoordinasi dengan rekan atau relasi kerja.

{Baca juga: Jokowi Imbau Masyarakat Kerja, Belajar, dan Ibadah dari Rumah}

Tetapi dengan bantuan teknologi, hambatan-hambatan tersebut sudah tidak lagi berarti. Ada beragam aplikasi video conference yang bisa Anda andalkan untuk bisa melakukan koordinasi dengan rekan kerja.

Berikut ini tim Telset.id telah merangkum aplikasi video conference yang bisa Anda gunakan, agar bekerja di rumah jadi lebih efektif dan maksimal.

Google Hangouts Meet

Download

Google Hangouts Meet

Aplikasi video conference yang pertama adalah Google Hangouts Meet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja melalui video call.

Google Hangouts Meet memungkinkan Anda untuk menggelar sebuah rapat secara online yang melibatkan hingga 350 peserta. Bahkan, platform ini juga dapat menyiarkan live streaming kepada 100 ribu penonton.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Scan Dokumen di Smartphone Terbaik dan Gratis!}

Kelebihan lain dari Google Hangouts Meet adalah, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dari berbagai perangkat. Mulai dari PC, laptop, atau smartphone sekalipun.

Selama masa tanggap virus corona, Google Hangouts Meet menawarkan layanan secara gratus hingga tanggal 1 Juli 2020. Penawaran ini pastinya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Skype

Download

Skype Google Hangouts Meet

Skype menjadi salah satu layanan populer yang bisa Anda gunakan untuk saling berkomunikasi melalui video call. Tidak hanya secara one on one, layanan milik Microsoft ini juga bisa digunakan untuk melakukan conference call dengan banyak orang sekaligus.

Untuk melakukan video call secara berkelompok, Skype memungkinkan 50 pengguna untuk bergabung sekaligus dalam sebuah sesi percakapan.

Serupa dengan Google Hangouts Meet, Skype juga bisa dinikmati dari beragam platform, seperti komputer, tablet, dan juga smartphone.

Teams

Download

Skype Teams

Satu lagi layanan besutan Microsoft yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video conference. Teams adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi atau menggelar rapat sekalipun dengan rekan kerja.

Tersedia dalam dua versi, berbayar dan gratisan, Teams menawarkan sejumlah kelebihan yang bisa Anda nikmati.

Pada versi gratis Anda bisa menikmati beragam layanan seperti akses panggilan hingga 300 orang, panggilan video tanpa batas durasi, berbagi layar, hingga penyimpanan pada cloud untuk pribadi dan juga tim.

Cyberlink U Meeting

Download

Aplikasi video conference lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan conference video call dengan rekan kerja dari rumah adalah Cyberlink U Meeting. Layanan ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Kolase Foto Terbaik dan Paling Lengkap 2020}

Pada varian gratisnya, pengguna dapat menikmati beragam layanan yang ada. Seperti group call hingga 25 orang, penyimpanan cloud sebesar 2 GB, perekaman sesi panggilan video, dan yang paling penting, adanya end-to-end encryption.

Slack

Download

Slack jadi aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melakukan conference video dengan rekan kerja. Sayangnya fitur optimal dari Slack baru bisa dinikmati di versi berbayar.

Pasalnya, panggilan video pada versi gratis hanya bisa digunakan untuk panggilan ke satu orang saja. Kelebihan lain pada versi gratis dari Slack adalah adanya penyimpanan cloud yang bisa Anda gunakan. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -