Instagram Kini Bisa Jadwalkan Postingan Baru

Postingan Instagram Pertama

Telset.id, Jakarta – Instagram hari ini membuat perubahan yang sudah cukup lama dinanti-nanti oleh para professional di bidang media sosial. Perubahan ini adalah fasilitas baru yang memungkinkan para pelaku bisnis di Instagram dapat menjadwalkan postingan mereka.

Sebelumnya, pengguna harus menggunakan aplikasi yang tidak resmi untuk mendapatkan notifikasi, untuk mengingatkan jadwal posting yang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, Nah, fungsi fitur inilah yang sebelumnya tidak tersedia di Instagram.

Salah satu perubahan yang dilakukan Instagram adalah sebuah fungsi daftar, yang membantu para pengguna media sosial profesional, maupun pengguna lainnya dapat menyiapkan postingan jauh-jauh hari sebelumnya dan menyimpannya hingga nanti siap untuk di-post.

Sayangnya, dukungan resmi untuk penjadwalan posting tersebut tidak mencakup juga iklan, dan tidak berkaitan langsung dengan produknya itu sendiri.

Namun sebagai gantinya, Instagram menambahkan fitur Instagram Application Programming Interface (API), yang berarti membantu aplikasi perangkat lunak media sosial seperti Hootsuite, Sprout Social atau SocialFlow dapat memiliki akses langsung ke dalam Instagram.

Layanan ini juga sudah tersedia untuk Facebook’s Marketing Partners and Instagram Partners. Hootsuite adalah salah satu mitra pertama yang mengimplementasikan Instagram API ini.

“Penjadwalan dan penyiaran  konten Instagram telah menjadi permintaan nomor satu dari 16 juta pelanggan kami,” ungkap  CEO Hootsuite, Ryan Holmes, dalam sebuah pernyataannya.

“Sekarang, mereka dapat  mengatur volume konten yang besar, dengan beberapa anggota tim dan beberapa akun Instagram dengan mudah dan juga aman. Hootsuite sendiri sangat antusias untuk bisa bekerja sama dengan Instagram untuk mewujudkannya. ”

Namun, pembaruan program Instagram API saat ini, setidaknya dapat membantu menjadwalkan postingan bagi para pengguna ataupun pelaku bisnis dengan skala besar yang memang membutuhkan hal tersebut.

Sebaliknya bagi para pelaku bisnis kecil nampaknya  tidak begitu membutuhkan program perangkat lunak pihak ketiga untuk dapat bekerjasama dengan Instagram.

Perubahan ini telah diperkenalkan pada hari ini sebagaibagian dari perombakan besar-besaran pada platform Instagram API, termasuk rencana menggantikan Platform Instagram API sebelumnya dalam dua tahun ke depan yang akan dimulai pada tanggal 31 Juli 2018.

API yang lama saat ini sedang digantikan oleh Graph API yang baru, yang mampu menganalisa metric serta ulasan mengenai performance bisnis di Instagram, mengolah komentar, dan sekarang, mengakses mention-mention bisnis serta meresponsnya.

Instagram mengatakan bahwa dukungan untuk profil non-bisnis masih terus  berjalan untuk dan akan segera dirilis pada awal tahun 2019 mendatang. [WIN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here