Ribuan Mobil Siap Dijadikan Taksi Tanpa Awak  

Telset.id, Jakarta – Pabrikan Otomotif Fiat Chrysler Automobiles, telah mengumumkan, bahwa mereka akan mengirimkan ribuan mobil tipe minivan Chrysler Pacifica Hybrid ke Waymo. Waymo merupakan teknologi mobil tanpa awak dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa Google.

Mobil-mobil ini nantinya akan digunakan sebagai mobil layanan taksi tanpa awak Waymo, dengan pengiriman awal mulai dilakukan pada akhir tahun 2018. Mini van inipun siap untuk didistribusikan ke beberapa kota di Amerika Serikat.

Langkah ini merupakan kelanjutan dari kerjasama sebelumnya, dimana sekitar 600 minivan Pacifica Hybrid mini van FCA berhasil dikirimkan kepada Google pada tahun 2016 dan 2017.

Dalam pernyataannya, CEO Waymo, John Krafcik mengatakan bahwa Waymo sebagai kendaraan tanpa awak pertama di dunia, pihaknya telah beralih dari sebuah penelitian dan pengembangan menuju operasional dan pendistribusian.

Waymo sendiri akan mulai meluncurkan layanan taksi tanpa awak ini di kota Phoenix akhir tahun 2018. Dengan mobil baru tersebut, perusahaan dapat berkembang jauh lebih besar lagi di banyak kota lainnya  di Amerika Serikat.

Sejauh ini, mobil ini pernah diuji di 25 kota yang berbeda di AS, termasuk di antaranya kota Atlanta, San Francisco, Detroit, Kirkland, dan juga Washington.

Pada bulan November tahun lalu, Krafcik juga menyatakan bahwa mobil Waymo sepenuhnya kendaraan tanpa awak, yang berarti mobil ini sudah mencapai  tingkat 4 dari sebuah teknologi mobil tanpa awak.

Seperti yang sudah ditetapkan oleh Society of Automotive Engineers (SAE) International, bahwa kendaraan ini mampu melakukan semua fungsi mengemudi, namun dalam kondisi tertentu mobil masih bisa dioperasikan oleh manusia.

Dengan persediaan mobil baru yang dimiliki oleh Waymo serta dukungan dari pemerintah, maka tak lama lagi kendaraan nirawak ini dapat beroperasi di jalanan umum. Bukan tidak mungkin bila nantinya taksi tanpa awak ini  akan segera terealisasi di Amerika Serikat. Wah! Kapan ya di Indonesia ada taksi nirawak seperti ini?

Well, mau lihat aksi Waymo menelusuri jalan-jalan di Amerika? Simak videonya di bawah ini:

 

 

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -