Google Tutup Layanan Cloud Game Stadia Tahun 2023

Telset.id, Jakarta – Google berencana akan menutup salah satu layanannya. Adapun layanan yang dimaksud adalah layanan cloud game Google Stadia. Layanan akan ditutup pada tahun 2023 mendatang.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Jumat (30/9/2022), Google Stadia akan tutup layanan per 18 Januari 2023. Menjelang penutupan layanan, Google akan mengembalikan dana semua pembelian hardware dan software kepada pengguna.

Siapa pun yang membeli pengontrol Stadia akan mendapatkan pengembalian dana, begitu juga untuk game dan konten tambahan apa pun yang dibeli melalui toko Stadia. Pengembalian dana diharapkan selesai pada pertengahan Januari 2023 mendatang.

Meski Google Stadia tutup, Google berencana akan menggunakan teknologi yang mendukung Stadia ke layanan lain seperti YouTube, Google Play, serta untuk pengembangan teknologi Augmented Reality (AR).

Selain itu, Google tidak akan melakukan PHK terhadap karyawan Stadia. Karyawan yang bekerja di Stadia akan bekerja ke layanan Google yang lainnya.

Google Stadia diluncurkan pada Maret 2019 dan memang di awal peluncurannya, aplikasi ini mendapatkan sambutan yang kurang menyenangkan dari pengguna. Alasannya karena biaya langganan game terlalu tinggi dan fitur koleksi game-nya di bawah standar, sampai akhirnya Google menutup layanan tersebut.

BACA JUGA:

Google Tutup Layanan Hangouts 

Google Stadia

Sebelumnya, Google Hangouts versi web juga bakal berganti menjadi Google Chat. Google menyarankan pengguna untuk segera memindahkan story percakapan sebelum tanggal deadline.

Seperti diketahui, Google Chat adalah layanan perpesanan terbaru yang dirilis Google untuk menggantikan Hangouts, untuk para pengguna umum maupun bisnis.

Google Hangouts sendiri telah dihapus dari Play Store dan App Store pada awal tahun ini. Sekarang, Google telah mengumumkan pergantian Hangouts di web ke Google Chat.

Kebijakan itu sebagai langkah terakhir untuk sepenuhnya menggantikan Google Hangouts, layanan perpesanan yang memulai debut pada 2013 sebagai fitur dari Google+.

BACA JUGA:

0Google Hangouts berganti menjadi Google Chat, aplikasi perpesanan default untuk pengguna Google Workspace. Transisi akan dimulai dari 1 November 2022 mendatang.

“Kami mengirim email karena beberapa percakapan atau bagian percakapan Anda tidak akan secara otomatis dimigrasikan dari Hangouts ke Chat,” kata Tim Google Apps.

Pengguna dapat memeriksa kotak masuk untuk komunikasi dari Google. Perusahaan memberi tahu apabila Anda ingin menyimpan percakapan Google Hangouts di PC. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0