Google Photos Versi Web Bisa Tahu Ada Foto Boros Memori

Telset.id, Jakarta – Google memberikan perubahan kecil tapi sangat berguna pada aplikasi Google Photo versi web. Perubahan apa yang ditambahkan Google?

Google Photos versi web, di bagian info untuk setiap foto, kini ada kategori baru bernama “Backed up” atau “Dicadangkan” setelah hari/tanggal saat ini. Ada beberapa informasi penting yang bisa Anda dapatkan di situ.

Misal ada informasi soal lokasi, perangkat, EXIF, dan ukuran gambar. Informasi-informasi tersebut berfungsi untuk menunjukkan apakah foto yang Anda simpan dalam kualitas asli atau tidak.

Di situ juga ada keterangan yang menyebut bahwa foto disimpan dalam format hemat penyimpanan atau tidak, disertai informasi tentang seberapa besar gambar itu memakan memori.

BACA JUGA:

Dengan kata lain, kategori baru di Google Photos versi web ini akan memberi tahu Anda apakah foto yang Anda simpan boros ruang memori atau tidak.

Perubahan tersebut sangat berguna bagi pengguna gratisan Google Photos yang tidak lagi bisa menyimpan foto secara gratis sejak 1 Juni 2021. Dengan adanya aturan baru itu, pengguna gratisan harus bersiasat.

Seperti Telset kutip dari Engadget, Rabu (20/7/2022), pengguna non-pelanggan harus pintar-pintar mengelola foto di Google Photos lebih terperinci agar kuota memori penyimpanan tidak cepat habis.

Anehnya, menurut laporan yang mengungkap informasi ini, fitur keterangan Uploaded from, Shared by, dan Backed up tidak ada di aplikasi mobile untuk perangkat bersistem Android dan iOS. Yup, fitur ini hanya tersedia untuk versi web saja.

Seperti diketahui, pada Juni 2021 lalu, Google telah memutuskan untuk tidak lagi memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk upload foto maupun video di sistem cloud secara gratis.

Google Photos sebelumnya memungkinkan pengguna untuk unggah foto maupun video secara gratis dengan format yang telah dikompresi terlebih dahulu. Tapi dengan adanya aturan baru, pengguna harus merogoh duitnya untuk bisa menyimpan foto.

Mulai 1 Juni 2021, pengguna tidak dapat lagi upload foto maupun video secara gratis ke Google Photos. File apapun yang diunggah pengguna akan dihitung ke dalam penyimpanan 15GB yang didapatkan oleh setiap akun Google.

Sebelumnya hanya foto atau video yang diunggah dalam preset kualitas asli yang dihitung ke dalam ruang penyimpanan cloud pengguna. Namun mulai per 1 Juni 2021, fitur upload gratis ke Google Photos benar-benar dihilangkan.

BACA JUGA:

Semua file yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan hanya berlaku untuk foto atau video yang di-upload setelah aturan berlaku.

Sementara itu, Google Photos membawa perubahan penting bagi pengguna Android, yang bisa menghapus foto secara langsung di dalam aplikasi. Fitur tersebut sebenarnya sudah lama tersedia di versi web, tetapi entah kenapa fitur ini menghilang dari aplikasi mobile tanpa alasan yang jelas.

Seperti diketahui sebelumnya pengguna Google Photos cuma bisa membuang foto tidak diinginkan saat menggunakan versi browser. Tapi kini pengguna Android bisa melakukannya di aplikasi Android.

Namun demikian, fitur tersebut hanya tersedia untuk album pribadi. Sedangkan si album bersama, pengguna tetap harus menghapus foto dari album terlebih dahulu. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0