Yeayy! Ada Fitur Cari Teks dalam Foto di Google Photos

Bug Google Photos

Telset.id, Jakarta – Jarang memang, tapi pasti ada beberapa orang di antara kalian yang mengambil foto teks saja menggunakan smartphone karena “malas” menulis atau menyalinnya. Nah, Google memberikan kemudahan bagi Anda yang suka foto teks, dengan menyisipkan fitur baru di Google Photos.

Google mengumumkan bahwa Google Photos akan mendapatkan fitur Lens baru yang sangat memungkinkan pengguna untuk mencari teks di dalam foto.

Jika mengambil foto dokumen yang dicetak atau halaman dari sebuah buku, pengguna benar-benar bisa mencari teks yang dibutuhkan. Bahkan, mereka bisa copas alias copy dan paste tulisan tersebut.

{Baca juga: Awas! Album di Google Photos Bisa “Diintip” Pengguna Lain}

eperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (26/08/2019), fitur tersebut bergantung kepada teknologi pengenalan karakter optik, yang sebenarnya bukan sesuatu hal baru. Fitur itu telah diluncurkan untuk perangkat Android.

Tampaknya, fitur ini belum hadir di perangkat bersistem operasi iOS. Namun, Google biasanya akan menghadirkan fitur di aplikasi buatannya untuk platform Android dan iOS.

Beberapa waktu lalu, peneliti menemukan fakta bahwa fitur album pribadi di Google Photos ternyata tidak aman karena bisa dilihat oleh pengguna lain.

{Baca juga: Cara Hapus Informasi di Google kalau Pengguna Meninggal}

Seorang peneliti bernama Robert Wiblin mengingatkan kepada pengguna bahwa tautan pribadi Google Photos yang dibagikan sebenarnya tidak terlalu pribadi.

Dalam tulisannya di Medium, Wiblin menjelaskan bahwa ketika pengguna lain yang tidak diizinkan dapat mengakses, dikhawatirkan akan menyalahgunakan foto-foto Anda. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here