Awas! Album di Google Photos Bisa “Diintip” Pengguna Lain

Telset.id, Jakarta Google Photos memiliki keunggulan karena memiliki sistem penyimpanan foto berbasis cloud dan bisa membuat album foto pribadi. Namun peneliti menemukan bahwa fitur album pribadi ternyata tidak aman karena bisa dilihat pengguna lain.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Selasa (16/07/2019), peneliti Robert Wiblin mengingatkan pengguna bahwa tautan pribadi Google Photos yang Anda bagikan sebenarnya tidak terlalu pribadi.

Dalam tulisannya di Medium, Wiblin menjelaskan bahwa ketika pengguna lain yang Anda tidak izinkan dapat mengakses foto dikhawatirkan akan menyalahgunakan foto-foto Anda.

Google sebenarnya menyadari hal ini dan telah menyatakan di situs webnya, yang menunjukkan bahwa siapa pun yang memiliki tautan bersama akan dapat melihat album. Google seharusnya perlu melakukan perubahan sistem di aplikasi fotonya ini seperti yang dilakukan pada Google Drive.

{Baca juga: Google Photo Bisa Buatkan Kado Valentine}

Seperti kita tahu, Google Drive menggunakan sistem pembuatan tautan berbeda, yang memungkinkan penerima yang dipilih yang bisa mengakses file. Sayangnya hingga kini Google belum melakukan.

Maka agar lebih aman Anda bisa menaruh foto di Google Drive sehingga foto-foto Anda hanya diakses oleh orang-orang yang diizinkan. Sebelumnya Google menyatakan segera menggulirkan fitur baru bernama Express.

Fitur ini yang memungkinkan pengguna Google Photos melakukan backup foto secara cepat dan tanpa menghabiskan banyak kuota data.

{Baca juga: Ada Fitur Express di Google Photos, Apa Fungsinya?}

Fitur Express akan bergabung dengan dua opsi sebelumnya, menawarkan ruang penyimpanan di aplikasi, yaitu High Quality dan Original Resolution. Update juga akan memungkinkan pengguna mengatur batas data.

Pengguna bisa mengatur konsumsi data Google Photos dalam satu hari dengan batas terendah dari 5MB. Opsi lain terdiri atas 10MB, 30MB, dan tanpa batas. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0