Google Pay Jadi Aplikasi Terbaru yang Dukung Pengenalan Wajah

Telset.id, Jakarta – Google Pay menjadi aplikasi terbaru sekaligus yang pertama dari jenisnya yang mendukung pengenalan wajah, selain identifikasi sidik jari. Kabar ini datang setelah Google merilis secara resmi Pixel 4.

Dilaporkan Androidcentral, Sabtu (26/10/2019), Pixel 4 sendiri merupakan ponsel Android pertama yang dibekali perangkat keras cukup canggih, sehingga dapat membaca wajah pengguna, sebagai pengganti sidik jari.

Dengan pembaruan ini, pengguna Pixel 4 nantinya hanya perlu tersenyum ketika ingin membayar barang menggunakan Google Pay. Aplikasi Google ini akan secara otomatis mengidentifikasi Anda sebelum transaksi apa pun dilakukan, memverifikasi bahwa Anda adalah orang yang benar-benar ingin membelanjakan uang Anda.

{Baca juga: Ternyata, Harga Google Pixel 4 Gak Mahal-mahal Amat}

Untuk mendapatkan fitur terbaru dari Google Pay ini, pengguna cukup masuk ke Google Play Store, lalu aktifkan “Gunakan biometrik sebagai gantinya” di bawah bagian “mengirim uang” dari pengaturan aplikasi.

Saat ini, belum banyak aplikasi Google seperti Google Pay yang mendukung pengenalan wajah sebagai cara masuk. Tetapi Google mengharuskan semua pengembang untuk menerapkan dukungan atas pembaruan BiometricPrompt API ini dalam aplikasi yang keluar setelah 1 November 2019.

Itu artinya, meskipun perbankan atau aplikasi favorit Anda tidak perlu mendapatkan dukungan pengenalan wajah setelah 1 November, pembaruan berikutnya yang dikeluarkan setelah 1 November akan diperlukan untuk mendukung teknologi selain pengenalan sidik jari. Ini berita bagus untuk Pixel 4 yang kemungkinan besar akan dijual pada musim Liburan ini, dan juga untuk masa depan perangkat Android yang menyertakan perangkat keras pengenalan wajah yang canggih.

{Baca juga: Waduh! Ada Celah Berbahaya di Face Unlock Google Pixel 4}

Bicara soal face unlock di Pixel 4, sebelumnya sempat dikabarkan bahwa telah ditemukan celah keamanan yang berbahaya di perangkat ini. Sebuah laporan mengatakan bahwa model ini memiliki sistem face unlock yang memungkinkan pengguna untuk membuka lockscreen meski mata tertutup. Padahal sebelumnya, terdapat pengaturan yang memastikan face unlock bisa berfungsi ketika mata pengguna terbuka.

Kenapa dinilai berbahaya? Pasalnya, dikutip Telset.id dari PhoneArena, apabila face unlock bisa berfungsi saat mata tertutup, maka seseorang bisa saja mengambil Pixel 4, dan membuka lock screen dengan mengarahkan smartphone ke wajah pemiliknya.

Related Articles

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -