telset
spot_img

iPhone Mendatang Bakal Adopsi Teknologi Layar LTPO

Telset.id, Jakarta – Apple disebut-sebut bakal menggunakan teknologi backplane berdaya rendah yang disebut LTPO untuk suksesor iPhone 11. Backplane sendiri, seperti dilaporkan situs web Korea The Elec, bertanggung jawab untuk menghidupkan dan mematikan piksel individual pada tampilan.

Untuk mewujudkan rencananya menerapkan LTPO ini, Apple artinya harus menemukan cara untuk bekerja sama dengan Samsung Display, yang memiliki kemampuan dalam hal kecakapan teknologi dan kapasitas produksi di sektor OLED kecil dan menengah.

LTPO, atau oksida polikristalin suhu rendah, memiliki struktur TFT Oksida yang menggunakan daya hingga 15 persen lebih sedikit daripada LTPS, atau polisilikon suhu rendah, teknologi backplane yang saat ini digunakan Apple. Secara alami, itu dapat berkontribusi untuk masa pakai baterai yang lebih lama pada iPhone masa depan.

{Baca juga: Apple Peras Otak agar Desain iPhone 12 Tak Bocor}

Seperti dilaporkan macrumors, Sabtu (26/10/2019), saat ini Apple Watch Seri 4 dan Seri 5 sudah menampilkan layar LTPO. Situs web Apple mengatakan teknologi ini memungkinkan model Seri 5 memiliki daya tahan baterai hingga 18 jam yang sama dengan model Seri 4 meskipun memiliki layar selalu aktif.

Tampilan poli-silikon dan oksida suhu rendah menampilkan arsitektur piksel yang diciptakan kembali yang memungkinkan tingkat penyegaran layar turun dari 60Hz ke 1Hz yang menyedot daya saat arloji tidak aktif. Driver berdaya rendah baru, manajemen daya ultra-efisien, dan sensor cahaya di sekitar bekerja bersama-sama sehingga layar dapat selalu hidup dengan daya tahan baterai hingga 18 jam.

Transisi Apple ke OLED sendiri dimulai dari yang kecil dengan ‌Apple Watch‌ asli pada tahun 2015, diikuti oleh iPhone X pada tahun 2017, sehingga tidak mengherankan jika LTPO berkembang dari Watch ke iPhone pada awal tahun depan.

{Baca juga: Punya Antena Baru, Desain iPhone 2020 Beda Total?}

Sebelumnya, rumor lain juga menyebutkan bahwa Apple akan memperkenalkan desain baru yang cukup radikal untuk iPhone 2020. Sejauh ini, smartphone perusahaan telah mempertahankan desain lama dengan sedikit perubahan halus.

Meski sudah sedikit dipoles, desain iPhone tetaplah sama dengan iPhone 6. Karenanya, Apple mencoba meghadirkan desain yang benar-benar berbeda untuk iPhone terbaru nantinya.

Menurut cuitan Ben Geskin di Twitter, Apple bakal menghadirkan desain total anyar untuk iPhone 2020. Salah satu perubahan akan ditemui di jalur antena.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0