Kabar Baik, Pembatasan Google Meet Versi Gratis Ditunda

Google Meet versi Gratis

Telset.id, Jakarta – Kebijakan pembatasan durasi konferensi video menggunakan Google Meet versi gratis akhirnya ditunda. Google memutuskan bahwa layanan akses tanpa batas di Google Meet versi gratis masih berlaku sampai Maret tahun depan.

Dilaporkan oleh The Verge, seperti dilansir Telset.id pada Rabu (30/9/2020), Google Meet Group Product Manager, Samir Pradhan, mengatakan kebijakan ini didasari oleh komitmen Google untuk terus memberikan layanan konferensi video mereka secara maksimal.

“Kami ingin terus membantu mereka yang mengandalkan Meet untuk tetap berhubungan selama beberapa bulan mendatang,” kata Samir.

{Baca juga: Google Meet untuk iOS dan Android Punya Fitur Anti-bising}

Untuk itu, akses tanpa batas di Google Meet versi gratis akan tetap ada hingga Maret 2021 mendatang.

“Sebagai tanda komitmen kami, hari ini kami melanjutkan panggilan Meet tak terbatas dalam versi gratis hingga 31 Maret 2021 untuk akun Gmail,” tambah Samir.

Kabar ini menjadi angin segar bagi pengguna yang memanfaatkan Google Meet untuk rapat online ataupun pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, Google sebelumnya memutuskan akan membatasi layanan Google Meet versi gratis menjadi hanya 1 jam per hari mulai 1 Oktober 2020.

Dilansir Telset.id dari laman resmi Google Meet pada Selasa (22/9/2020), Google Meet mengatakan jika sejak Maret hingga September 2020, semua pelanggan G Suite mendapatkan akses ke banyak ke layanan lanjutan di Google Meet tanpa biaya.

Maksudnya selama ini pengguna bisa mengakses fitur rapat dengan jumlah peserta hingga 250 peserta, live streaming dalam domain yang sama, serta kemampuan merekam rapat dan menyimpannya ke Google Drive secara gratis.

Tetapi mulai 1 Oktober 2020 terjadi perubahan layanan dimana layanan rapat online di Google Meet versi gratis maksimal hanya bisa digunakan selama 1 jam per hari dengan jumlah peserta maksimal 100 peserta.

“Setelah 30 September 2020, akses ke fitur Meet lanjutan ditentukan oleh akun dan edisi G Suite Anda,” tulis Google Meet.

{Baca juga: Google Meet Versi Gratis akan Dibatasi 1 Jam per Hari}

Sebenarnya pengguna dapat memiliki durasi rapat online yang lebih lama. Caranya mereka harus mendaftarkan diri untuk berlangganan paket G Suite Essentials sebesar USD 8 atau Rp 118 ribu per bulan untuk durasi 300 jam per hari dan peserta maksimum 150 peserta. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here