Google Meet Versi Gratis akan Dibatasi 1 Jam per Hari

Telset.id, Jakarta – Sejak Maret 2020, Google Meet memberikan layanan rapat online atau meeting online secara gratis dan tanpa batas durasi. Namun mulai 1 Oktober 2020, durasi layanan Google Meet versi gratis akan dibatasi hanya 1 jam per hari.

Dilansir Telset.id dari laman resmi Google Meet pada Selasa (22/09/2020), Google Meet mengatakan jika sejak Maret hingga September 2020, semua pelanggan G Suite mendapatkan akses ke banyak ke layanan lanjutan di Google Meet tanpa biaya.

Maksudnya selama ini pengguna bisa mengakses fitur rapat dengan jumlah peserta hingga 250 peserta, live streaming dalam domain yang sama, serta kemampuan merekam rapat dan menyimpannya ke Google Drive secara gratis.

Tetapi mulai 1 Oktober 2020 terjadi perubahan layanan dimana layanan rapat online di Google Meet versi gratis maksimal hanya bisa digunakan selama 1 jam per hari dengan jumlah peserta maksimal 100 peserta.

{Baca juga: Fokus ke Meet, Google Hapus Google Duo?}

“Setelah 30 September 2020, akses ke fitur Meet lanjutan ditentukan oleh akun dan edisi G Suite Anda,” tulis Google Meet.

Sebenarnya pengguna dapat memiliki durasi rapat online yang lebih lama. Caranya mereka harus mendaftarkan diri untuk berlangganan paket G Suite Essentials sebesar USD$ 8 atau Rp 118 ribu per bulan untuk durasi 300 jam per hari dan peserta maksimum 150 peserta.

Pengguna juga bisa berlangganan paket G Suite Enterprise dimana pengguna harus menghubungi bagian penjualan untuk mengetahui harga paket tersebut.

Google Meet Gratis

Sebelumnya sejak Maret 2020, Google Meet menggratiskan layanan mereka untuk menunjang kegiatan bekerja dan belajar dari rumah selama pandemi Covid-19.

Google Meet memberikan durasi tanpa batas untuk rapat online, jumlah peserta hingga 250 peserta dan kemampuan untuk menyimpan hasil rapat online di Google Drive.

Selain itu Google Meet juga menghadirkan fitur terbaru untuk memblokir pengguna anonim yang masuk ke layanan Google Meet, khususnya kelas online di tingkat sekolah hingga universitas.

{Baca juga: Cegah “Zoombombing”, Google Meet Blokir Pengguna Anonim}

Fitur keamanan akan mencegah pengguna yang tidak dikenal masuk ke bergabung ke kelas online dan mengganggu kegiatan belajar yang sedang diselenggarakan oleh organisasi pendidikan. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here