telset

Fokus ke Meet, Google Hapus Google Duo?

Telset.id,Jakarta – Google dikabarkan akan hapus Google Duo dan menggantinya dengan Google Meet. Dengan dihapusnya Google Duo ini, Google sepertinya ingin fokus untuk menghadirkan layanan video call di satu platform saja.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Minggu (16/08/2020), menurut 9to5Google, dengan dihapusnya Google Duo, Google hanya akan memiliki satu platform video call saja, yaitu Google Meet.

Selama ini Google Duo dan Google Meet merupakan dua platform dengan konsumen yang berbeda. Google Duo biasanya digunakan oleh pengguna umum untuk komunikasi sehari-hari. Sedangkan Google Meet adalah platform yang biasanya digunakan oleh perusahaan atau institusi pendidikan untuk menggelar rapat dan belajar online.

{Baca juga: Mirip Zoom, Google Duo Tambahkan Fitur Tautan Undangan}

Namun, Google tampaknya ingin membuat platform terpadu yang dapat digunakan baik untuk perusahaan maupun pengguna biasa, seperti bagaimana Zoom digunakan untuk umum sekaligus digunakan untuk bisnis dan profesional.

Hingga kini Google belum berbicara mengenai isu tersebut sehingga kita hanya bisa menunggu apakah rencana penghapusan Google Duo benar-benar dilakukan atau isu tersebut hanya kabar bohong semata.

Sebelumnya, Google terus memberikan inovasi pada Google Duo khususnya selama pandemi Covid-19. Tujuannya agar pengguna bisa tetap berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung.

Inovasi terakhir adalah Google Duo versi desktop sekarang meningkatkan jumlah pengguna dalam panggilan grup. Kini, Google Duo mendukung video call hingga 32 orang.

{Baca juga:Lawan Zoom, Google Duo Izinkan Pengguna Video Call via Web}

Sanaz Ahari, direktur senior produk dan desain Google, mengemukakan bahwa perubahan jumlah pengguna panggilan grup via Google Duo versi web akan menjadi bagian dari pembaruan terbaru untuk Chrome.

Dengan kata lain, untuk bisa memanfaatkan peningkatan jumlah pengguna panggilan grup lewat Google Duo, Anda harus memperbarui versi dari browser terlebih dahulu. Google berjanji untuk meningkatkannya lagi pada masa mendatang.

Maret 2020, Google mengumumkan bahwa Google Duo akan memperluas jumlah pengguna yang didukung per panggilan video dari delapan orang menjadi 12 orang. Kini, Google Duo semakin mutakhir.

{Baca juga:Yeayy! Google Duo Desktop Bisa Video Call Hingga 32 Orang}

Google Duo sekarang sudah setara dengan FaceTime milik Apple, Skype milik Microsoft, serta Zoom. Awal bulan ini, Google pun telah membuat Google Duo lebih mudah bagi pengguna untuk bergabung dengan panggilan menggunakan tautan. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0