Google Bikin Voice Access untuk Pengguna Disabilitas

Telset.id, Jakarta – Setelah melakukan pengembangan selama lebih kurang dua tahun, Google akhirnya resmi merilis Voice Access. Voice Access merupakan aplikasi yang menawarkan dukungan hands-free untuk pengguna disabilitas.

Mulai Kamis (4/10/2018), Voice Access tersedia secara global dengan dukungan perintah berbahasa Inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan, Google akan menghadirkan dukungan bahasa lain di layanan tersebut.

Memanfaatkan Voice Access, pengguna perangkat berbasis Android bakal bisa melakukan navigasi melalui aplikasi. Pengguna juga bisa membuat dan mengedit teks tanpa tangan serta berbicara dengan Google Assistant.

Baca juga: Google Rilis Aplikasi “Penggaris Digital”

Menurut Phone Arena, Google menyatakan bahwa Voice Access menawarkan kontrol lebih halus dibanding perintah suara lain. Tak cuma itu, Voice Access juga membawa sejumlah fitur menarik bagi pengguna Android.

Fitur Voice Access yang paling penting adalah opsi untuk mengetuk tombol dan kontrol atau skrol dan navigasi layar menggunakan suara. Voice Access pun diyakini berguna bagi mereka yang menderita parkinson.

Fitur tersebut berguna pula bagi mereka yang mengalami cedera tulang belakang. Google mengklaim, Voice Access akan membantu memudahkan pengguna disabilitas dalam berkomunikasi melalui gadget.

Baca juga: 5 Cara Terhindar dari Ekstensi Chrome yang Berbahaya

Membuat dan mengedit pesan tanpa tangan via Voice Access sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu mengatakan “Ok Google”. Bahkan, ketika membuka aplikasi lain, pengguna cukup melakukannya lewat perintah “Open”.

Google menambahkan, layanan Voice Access juga memungkinkan pengguna untuk mengganti bagian dari pesan teks menggunakan suara, semisal “Delete the line” atau “Replace tomorrow with Saturday”.

Sumber: PhoneArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here