Google Rilis Aplikasi “Penggaris Digital”

Telset.id, Jakarta – Google baru saja merilis aplikasi Measure yang dapat digunakan untuk semua perangkat yang mendukung teknologi ARCore. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Cara kerja aplikasi Measure cukup sederhana, untuk mengukur panjang atau tinggi objek, pengguna cukup menggunakan kamera smartphone mereka yang telah mendukung teknologi ARCore. Namun sebelumnya para pengguna diwajibkan untuk menginstal aplikasi ARCore agar membuatnya berfungsi.

Selain harus mendukung teknologi berbasis Augmented Reality (AR) tersebut, pengguna juga harus memperhatikan permukaan objek yang akan diukur, dan pastikan ada cukup penerangan yang baik agar sistem dapat mendeteksi dengan baik objek yang ingin diukur.

Baca Juga: Google Photos Punya Fitur Bokeh dan Kompres Foto

Setelah terdeteksi, maka pengguna dapat menggunakan garis pengukur berwarna biru untuk menghitung panjang atau orange untuk menghitung tinggi pada layar dan menempatkannya di sepanjang tepi objek yang ingin diukur.

Dilansir dari GSMArena, nantinya hasil pengukuran akan muncul dan pengguna dapat menyimpan hasil gambar dan membagikannya ke pengguna lain.

Hasil pengukuran menggunakan aplikasi Measure diklaim hampir sama jika dibandingkan dengan hasil menggunakan alat pengukur, seperti penggaris misalnya. Karenanya, aplikasi ini dapat dimanfaatkan ketika pengguna membutuhkan perkiraan kasar atau keperluan mendadak yang membutuhkan alat ukur.

Baca Juga: Demam Piala Dunia, Bahasa Rusia Terpopuler di Google Translate

Sebelumnya aplikasi in hanya tersedia untuk perangkat Google Tango. Namun ketika Apple memutuskan untuk menyertakan aplikasi pengukuran berbasis AR pada iOS 12, Google langsung mengubah kebijakan sehingga pada akhirnya aplikasi Measure tersedia untuk setiap perangkat yang kompatibel dengan ARCore. (BA/FHP)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI