telset

Google Assistant sedang Dicoba di Android Messages

Telset.id, Jakarta –  Google dilaporkan sedang menguji dukungan Google Assistant di Android Messages. Google Assistant, merupakan AI assistant milik Google yang saat ini terdapat di sebagian besar perangkat Android.

Menurut kabar yang beredar, Google Assistant nantinya akan diintegrasikan ke dalam Android Messages untuk membantu percakapan chatting.

Selain ke ponsel, Google Assistant juga terintegrasi ke dalam aplikasi obrolan milik Google, Allo, dan juga speaker cerdas Google Home.

Untuk saat ini, fitur baru Google ini baru dicoba oleh para pengembang. Fitur ini pertama kali diaktifkan oleh pengembang, XDA Recognized Developer Quinny899, Kieron Quinn dari Mighty Quinn Apps, untuk dilakukan uji coba.

Baca juga: Kini Google Assistant Bisa jadi Pendongeng

Mereka dapat meminta Google Asssitant untuk menampilkan cuaca dan juga merekam restoran terdekat. Setelah Google puas dengan hasil pengujian,nantinya fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna Android Messages.

Sepertinya, dukungan Google Assistant ke Google Messages bekerja dengan cara yang sama seperti pada Allo. Hal itu membuat tanda tanya, apakah Google akan membawa semua fitur Allo ke Android Messages, dan meniadakan Allo.

Baca juga: Setelah Ponsel, Giliran Xbox One Kedatangan Google Assistant?

Seperti diketahui, beberapa bulan yang lalu, Google menegaskan bahwa akan “menghentikan investasi” di aplikasi Allo, dan mentransfer seluruh tenaga kerja ke proyek lain dan mengalihkan semua sumber daya ke tim Android Messages.

Raksasa teknologi ini juga mengumumkan platform pengganti SMS berbasis RCS yang disebut Chat. Sebuah layanan berbasis operator yang akan diaktifkan secara default di dalam aplikasi Android Messages.

Chatt diharapkan dapat merebut pengguna WhatsApp dan Telegram, namun tidak akan menawarkan enkripsi end-to-end karena mengikuti standar intercept legal, seperti SMS.

Baca juga: Bosan Suara Google Assistant? Begini Cara Gantinya

Dengan bantuan Chat, Google sekarang dapat menyertakan beberapa fitur pintar di dalam Android Messages. Di antaranya, Smart Replies, GIF dan stiker, integrasi Google Foto, penelusuran pesan yang lebih baik, obrolan grup, Web interface yang mirip dengan WhatsApp, menggunakan kode QR untuk masuk, serta dukungan Google Assistant. [BA/HBS]

Sumber: Gadgets.ndtv.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0