“Fitur Lawas” MIUI dan EMUI akan Hadir di Android R

Google Pixel 4

Telset.id, Jakarta – VP Engineering Android, Dave Burke mengungkapkan bocoran fitur yang akan hadir pada Android R, meski pada kenyataannya, Android Q saja masih belum mencapai versi final untuk diluncurkan. Anehnya, bocoran fitur Android R yang diberikan merupakan “fitur lawas”, yaitu scrollable screenshot.

Dikutip dari GSMArena, Minggu (19/05/2019), Burk berjanji dalam sebuah tweet bahwa timnya akan memasukkan daftar hal yang harus dilakukan untuk Android R, salah satunya adalah scrollable screenshot.

“Kami telah menambahkan fitur scrollable screenshot untuk Android R, dan mudah-mudahan dapat hadir di rilis itu,” katanya.

{Baca juga: Asyik! Game BTS World Rilis di iOS dan Android}

Sekadar informasi, fitur ini sebenarnya telah jadi fitur standar di user interface UI berbasis Android, seperti MIUI untuk Xiaomi, EMUI untuk Huawei, hingga Samsung. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari seluruh konten yang ditampilkan.

Sistem Android murni buatan Google memang memiliki sejumlah keunggulan, seperti tidak ada bloatware dan user experience (UX) yang efisien dan mudah digunakan. Namun, sistem ini juga memiliki kelemahan, yaitu “telat” memberikan fitur yang berguna bagi pengguna.

{Baca juga: OS Fuchsia Dikembangkan Bukan untuk Smartphone?}

Sebelum scrollable screenshot, Android juga telat membawa fitur multi-window atau multi-tasking ke Android. Fitur ini hadir di Android Nougat di yang rilis tahun 2016, ketika Samsung meluncurkan fitur serupa pada versi Android 4.3 Jelly Bean di tahun 2013. (FHP)

Sumber: GSMArena

Previous articleBocoran 5 Warna Samsung Galaxy Note 10, Ada Red!
Next articleLenovo Pamer Video Desain Motorola Razr 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here