Categories: APPS

Instagram Kembangkan 3 Fitur Khusus untuk Remaja, Apa Saja?

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Facebook berusaha mencegah agar Instagram tidak memberikan dampak buruk bagi remaja. Untuk itu, mereka pun mengembangkan 3 fitur khusus yang ditujukan untuk menjaga kesehatan mental remaja. Apa saja?

Dilansir Telset dari Android Central pada Rabu (13/10/2021), Vice President of Global Affairs Facebook, Nick Clegg baru-baru ini menjelaskan bahwa Facebook Group peduli terhadap kesehatan mental pengguna remaja khususnya di Instagram.  

Oleh karenanya pada momen Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh tanggal 10 Oktober 2021 kemarin, Clegg membocorkan rencana masa depan aplikasi berbagi foto dan video tersebut. 

Baca juga: Instagram Ganti Fitur Swipe Up

Ada 3 fitur yang sedang dikembangkan. Pertama adalah fitur yang memungkinkan orang tua atau orang dewasa, untuk mengawasi anak saat mengakses Instagram. Fitur ini ditujukan agar orang tua tahu apa yang dilakukan anak dan remaja di media sosial.

“Kami akan memperkenalkan kontrol baru untuk orang dewasa dari remaja yang sifatnya opsional. Fitur ini membuat orang dewasa dapat mengawasi apa yang dilakukan anak mereka secara online,” ujar Nick. 

Kedua, Instagram akan membuat fitur terbaru yang mampu mengkurasi konten untuk remaja. Fitur ini akan menjauhkan pengguna yang masih anak-anak dan remaja dari konten yang memberikan dampak buruk.  

“Di fitur ini sistem akan mengenali bahwa seorang remaja mungkin terus-menerus melihat konten yang dapat merusak kesejahteraan mereka dan mendorong mereka menjauh dari konten itu,” ungkap Nick. 

Fitur Instagram Take a Break untuk Remaja

Fitur terbaru Instagram yang sedang dikembangkan adalah fitur “Take a Break”. Fitur ini semacam pengingat remaja untuk beristirahat dan berhenti sementara dalam mengakses Instagram. 

“Perusahaan berencana untuk menambahkan prompt Take a Break yang akan mengingatkan remaja untuk beristirahat dan untuk membatasi jumlah waktu yang dihabiskan di aplikasi,” kata Nick. 

Baca juga: Instagram Punya Fitur Bikin Captions Otomatis

Sayangnya, Nick Clegg tidak merinci mengenai ketiga fitur tersebut, atau kapan fitur akan dirilis. Namun,ia mengatakan bahwa Facebook telah menginvestasikan USD13 miliar atau Rp184,8 triliun untuk memastikan seluruh aplikasinya aman bagi pengguna.

Semoga saja ketiga fitur ini bisa segera dirilis, agar para remaja bisa mengakses Instagram dengan aman dan nyaman. [NM/IF]

Leave a Comment