Categories: APPS

Instagram Permudah Kreator Cari Cuan dengan Fitur Sponsor

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Instagram sedang uji coba fitur baru yang akan memudahkan para kreator konten ataupun selebgram makin gampang cari cuan, dengan memungkinkan mereka untuk lebih mudah menemukan sponsor yang cocok dengan konten yang mereka bagikan.

Baru-baru ini muncul laporan bahwa Instagram sedang menguji berbagai fitur baru untuk memudahkan konten kreator menghasilkan uang. Dilansir Telset dari Engadget, Minggu (24/10/2021), fitur yang dimaksud adalah Partnerships Inbox dan Affiliate Shops.

Partnerships Inbox merupakan fitur yang memungkinkan kreator konten maupun selebgram saling terhubung dengan sponsor, sehingga pada akhirnya mereka pun lebih mudah mendapatkan penghasilan.

Nantinya, kotak masuk dari sponsor yang masuk via DM akan berbeda dengan pesan masuk yang biasa mereka terima dari fans atau pengguna lain. Tujuannya, agar komunikasi lebih maksimal.

Baca juga: Kreator Konten Facebook Dapat Dana Rp 14,4 Triliun

Instagram mengatakan fitur ini akan memberikan pesan-pesan sponsor lebih prioritas, dan memungkinkan sponsor untuk melewati bagian menu permintaan. Dengan begitu, pesan bisa langsung masuk ke DM Instagram agar bisa segera dibaca oleh kreator konten.

Bukan cuma Partnership Inbox saja. Untuk memudahkan selebgram sampai kreator konten cari cuan, Instagram juga mengembangkan alat untuk mencocokkan vendor dengan pengguna yang mencari sponsor.

Dengan alat tersebut, pembuat konten dapat mengidentifikasi vendor yang mereka minati untuk bekerja sama. Sementara vendor dapat menelusuri pembuat konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan usia, jenis kelamin, dan jumlah pengikut.

Supaya tambah cuan, ada juga fitur Affiliate Shops. Affiliate Shops adalah perpanjangan dari fitur belanja Facebook Shops yang sudah ada. Melalui fitur ini, pembuat konten dapat menautkan ke produk di Instagram Shopping atau Facebook Shops.

Nantinya pembuat konten akan mendapatkan biaya komisi ketika pengikut mereka membeli produknya. Saat ini fitur cari cuan untuk kreator konten Instagram atau selebgram sedang menjalani uji coba fase kedua.

Beberapa kreator yang terdaftar di program Creator Week 2021 sudah bisa mencoba fitur ini secara langsung.

Belum diketahui kapan Partnership Inbox dan Affiliate Shops akan dirilis ,tetapi para kreator sangat menantikan kedua fitur tersebut untuk menambah pendapatan mereka.

Kreator Instagram Dapatkan Fitur Baru Lainnya

Instagram sebelumnya juga telah menghadirkan fitur yang bagus untuk kreator yang suka live streaming di platform mereka. Terdapat fitur jadwalkan live yang memungkinkan kreator, selebgram, ataupun pengguna lain untuk menjadwalkan IG Live.

Baca juga: Cara Jadwalkan Live di Instagram

Melalui fitur tersebut, kreator dan pengguna lain bisa menjadwalkan live streaming mereka. Durasinya bisa 1 jam sebelum streaming atau H-90 sebelum live dilakukan.

Khusus untuk kreator, fitur ini sangat membantu agar penggemarnya tidak lupa atau ketinggalan menyaksikan live Instagram. (NM/MF)

Leave a Comment