8 Fitur Spesial Ramadan dari Google untuk Temani Ibadah Puasa

Telset.id – Google menyediakan 8 fitur yang dapat membantu pengguna dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan 2022. Fitur-fitur ini memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas. Ada apa saja ya?

Ramadan selalu menjadi momen terpenting untuk mempererat tali silaturahmi serta menjadi pribadi yang lebih baik. Selain menjalani ibadah puasa dengan sungguh-sungguh, momen ngabuburit hingga perayaan Idul Fitri juga menjadi momen berharga yang selalu dinantikan.

Untuk itu, Google hadir untuk membantu umat muslim dengan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan di bulan Ramadan.

Baca juga: Google Maps Tampilkan Info Tarif Tol di Indonesia

Fitur Google untuk Aktivitas Ramadan 2022

Google Ramadan 2022

Setidaknya ada 8 fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna selama puasa. Semua fitur ini dapat membantu untuk mengetahui jadwal salat, arah kiblat, hingga bersilaturahmi dengan teman dan keluarga.

1. Fitur Atur Jam Buka Toko Bagi Pemilik Usaha 

Biasanya selama Ramadan, pemilik usaha mengubah jam buka dan tutup toko dengan menyesuaikan waktu berbuka puasa dan sahur.

Oleh karenanya kini pemilik usaha bisa dapat memperbarui informasi bisnis mereka seperti jam operasional di Google Maps selama bulan puasa secara mudah dan akurat.

2. Fitur Jadwal Salat di Google Search 

Google memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi seputar Ramadan seperti jadwal salat.

Baca juga: 7 Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan di Android dan iOS

Caranya cukup cari kata “Ramadan” atau “Ramadan 2022” di Google Search, maka Anda dapat menemukan informasi dari tanggal mulai puasa, ucapan, hingga jadwal salat.

3. Fitur Cari Restoran Terdekat untuk Buka Puasa 

Setelah seharian menjalani ibadah puasa, momen berbuka puasa merupakan hal yang dinantikan. Jika kebetulan Anda ingin buka bersama alias bukber dengan teman atau keluarga, Anda bisa mencoba fitur cari restoran terdekat yang disediakan Google.

Caranya, dengan mengetik “restoran delivery dekat saya” atau “restoran dekat saya” di Google Search dan Maps.

4. Fitur Mencari Arah Kiblat 

Ketika waktu salat tiba, Google memiliki fitur Qibla Finder untuk membantu pengguna dalam menemukan arah kiblat.

Baca juga: Daftar Aplikasi Terbaik Pencari Arah Kiblat

Cara menggunakan fitur ini adalah dengan membuka situs qiblafinder.withgoogle.com lalu ikuti tanda panah sampai menemukan arah kiblat.

5. Fitur Mewarnai untuk Mengisi Waktu Ngabuburit 

Ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk ngabuburit. Salah satunya mewarnai di situs Google Arts and Culture. Pada bulan Ramadan 2022, Google Arts and Culture merilis fitur Art Coloring Book — Ramadan and Eid Edition.

Fitur ini memungkinkan semua orang untuk belajar dan mewarnai karya seni favorit bertema Ramadan dan Idul Fitri melalui smartphone atau tablet.

Untuk mendapatkannya silakan kunjungi artsandculture.google.com dan pilih Art Coloring Book – Ramadan and Eid Edition.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Anak

6. Fitur Download Aplikasi dan Game Favorit

Google Play juga menyediakan berbagai rekomendasi aplikasi, game menghibur yang bisa diunduh, dan promo spesial di tab Editor’s Choice untuk menemani pengguna di bulan suci ini.

Pastikan untuk memeriksa Google Play Points untuk menerima hingga poin hingga 5 kali selama acara tertentu yang dapat ditukarkan ke banyak aplikasi.

7. Tonton Live Streaming Kreator Konten Terkenal

Rencananya pada tanggal 26 April 2022, beberapa kreator YouTube Raffi Ahmad, Rizky Kinos, Nycta Gina serta Melaney Ricardo, akan melakukan live streaming di kanal YouTube mereka masing-masing.

Selama streaming mereka akan menyuguhkan konten-konten menghibur, serta rekomendasi produk untuk kebutuhan momen Lebaran.

8. Filter Ramadan di Google Duo 

Google Duo memiliki filter khusus Ramadan untuk percakapan 2 pengguna atau grup. Filter diharapkan mampu membuat video call bersama teman dan keluarga tercinta semakin seru.

Baca juga: Cara Main Kuis Hari Bumi di Google

Oke itu tadi 8 fitur Google yang bisa menemani Anda selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan 2022. Semoga semua fitur bermanfaat dan silakan pilih fitur-fitur favorit Anda. Selamat berpuasa, sob! (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0